Putri, Annita Virgia (2016) Pengembangan modul administrasi humas dan keprotokolan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran SMKN 1 Malang) / Annita Virgia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Annita Virgia. 2016.PengembanganModulAdministrasiHumasdanKeprotokolanBerbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (StudipadaSiswaKelas XI Program StudiAdministrasiPerkantoran SMKN 1 Malang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. (2) Dr. WahjuWibowo A.Md S.E. M.Si Kata Kunci modul guided inquiry humas dan keprotokolan hasil belajar. Belum tersedianya modul pembelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan guru mengumpulkan materi dari berbagai sumber dan menyesuaikan dengan silabus di SMK Negeri 1 Malang. Sehingga peneliti mengembangkan modul pembelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis guided inquiry. Tujuanpenelitianini adalah (1) menghasilkanmodulAdministrasiHumasdanKeprotokolanberbasis guided inquiryuntuksiswakelas XI program studiAdministrasiPerkantoran semester genap (2) mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan melalui hasil validasi dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul dengan siswa yang tidak menggunakan modul melalui hasil posttest. Prosedurpengembanganmenggunakan model 4-D seperti yang disarankan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (dalam Al-Tabany (2014 232-235)). Model 4-D terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define design develop dan desseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Hasildaripenelitian pengembangan adalah modul Administrasi Humas dan Keprotokolan dengan menggunakan model guided inquiry. Kompetensi dasar yang dikembangkan ialah pengelolaan rapat dan penulisan laporan pertemuan. Berdasarkan penilaian dari validator diperoleh rata-rata sebesar 88.80% yang berarti modul ini sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 82 65 dan 72 36. Analisis uji t program SPSS nilai signifikansi adalah 0 01 menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0 05. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) hasil dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis guided inquiry untuk kelas XI program studi Administrasi Perkantoran (2) modul pembelajaran yang terdiri dari lima aspek dan sudah dilakukan validasi termasuk layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas (3) dan analisis uji t menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |