Setyowati, Riska Ayu (2023) Implementasi program literasi di SMAN 1 Kesamben Blitar / Riska Ayu Setyowati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kondisi literasi di Jawa Timur untuk satuan pendidikan menengah atas memiliki nilai 1 87 (raporpendidikan.kemendikbud.go.id). Nilai ini 0 03 lebih tinggi dari nilai rata-rata nasional berada di angkat 1 84. Hal ini menunjukkan kemampuan literasi peserta didik pada tingkat provinsi berada dalam kategori cakap (rentang nilai 1-3). Sedangkan untuk nilai kota/kabupaten adalah 2 04 berada dalam kategori cakap. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kesamben dengan fokus penelitian pada peran sekolah terhadap pelaksanaan program literasi di SMAN 1 Kesamben. Peneliti menggali terkait implementasi dan hambatan dalam pelaksanaan program literasi di SMAN 1 Kesamben. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method dengan model penelitian exploratory sequential design dengan menggabungkan studi kasus pada kualitatif dan survey pada kuantitatif. Penelitian ini didominasi oleh metode kualitatif dibandingkan dengan kuantitatif. Dominasi data kualitatif bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena secara mendalam terlebih dahulu kemudian penggunaan data kuantitatif untuk menjelaskan variabel yang ditemukan dalam data kualitatif. Guna memperoleh data peneliti menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi dan angket. Data-data kualitatif yang telah terkumpul dianalisis melalui 3 tahap yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan membuat tabel distribusi jawaban angket penentuan skor jawaban responden menjumlahkan skor yang diperoleh memasukkan skor ke dalam rumus kemudian hasil yang diperoleh disajikan dalam bentuk diagram lingkar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program literasi diintegrasikan ke dalam mata pelajaran sesuai arahan dinas pendidikan 2) kegiatan literasi di luar mata pelajaran adalah tadarus review buku dan kegiatan ekstrakurikuler 3) kurang optimalnya fungsi fasilitas seperti perpustakaan dan mading dalam menunjang kegiatan literasi 4) kurangnya inovasi dalam kegiatan literasi membuat kegiatan literasi seolah-olah tidak ada dan 5) kurangnya sosialisasi perihal pentingnya literasi terhadap siswa. Saran yang diajukan peneliti yaitu 1) pembentukan Tim Literasi Sekolah (TLS) 2) pengadaan fasilitas pendukung literasi dan 3) evaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/291181 |
Actions (login required)
View Item |