Khonsa, Nurul Khonsa (2023) Perilaku sosial mahasiswa migran (studi deskriptif tentang gaya hidup pada forum mahasiswa jabodetabek universitas negeri malang) / Nurul Khonsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan pembangunan pada bidang pendidikan menambah antusiasme migrasi karena pendidikan berperan dalam memperlebar cakrawala serta memajukan aspirasi penduduk. Akibatnya banyak masyarakat yang bermigrasi untuk berkuliah di perguruan tinggi yang lebih baik di luar daerah asalnya. Berpindah ke daerah yang berbeda mengharuskan mahasiswa migran tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana gaya hidup mahasiswa migran Formaja UM serta menganalisis proses adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa migran Formaja UM sehingga dapat menyelaraskan nilai dan norma yang berlaku di Kota Malang dengan menggunakan teori hasil pemikiran Peter L. Berger yaitu kontruksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data digunakan dengan metode wawancara dan analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahap meliputi 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu gaya hidup mahasiswa migran Formaja UM dari segi hubungan sosial berjalan dengan baik dari segi konsumsi mereka cenderung boros dari segi hiburan mereka melakukan aktivitas yang variatif dan dari segi berbusana mereka lebih menyesuaikan dengan tempat. Sedangkan dalam proses adaptasi mahasiswa migran Formaja UM menjalankannya dengan baik dan dapat melewati berbagai tantangan yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/291116 |
Actions (login required)
View Item |