Implementasi pembelajaran kelas rangkap di SDN Gunungsari IV Desa Gunungsari kecamatan Bumiaji kota Batu. / Muhammad Halim - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kelas rangkap di SDN Gunungsari IV Desa Gunungsari kecamatan Bumiaji kota Batu. / Muhammad Halim

Halim, Muhammad (2012) Implementasi pembelajaran kelas rangkap di SDN Gunungsari IV Desa Gunungsari kecamatan Bumiaji kota Batu. / Muhammad Halim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap SDN Gunungsari IV Pembelajaran kelas rangkap adalah suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dalam satu waktu. Pembelajaran kelas rangkap menekankan kepada dua hal yaitu kelas digabung secara terintegrasi dan pembelajaran berpusat kepada peserta didik. Pembelajaran kelas rangkap merupakan alternatif bagi pendidikan daerah terpencil yang mengalami keterbatasan di dalam jumlah peserta didik kelas maupun tenaga pendidik. Sehingga meskipun dengan keterbatasan yang ada siswa tetap dapat belajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal mengenai pembelajaran kelas rangkap yaitu untuk menjelaskan bagaimana melakukan perencanaan pembelajaran kelas rangkap menjelaskan bagaimana proses kegiatan belajar-mengajar yang terjadi dalam pembelajaran kelas rangkap dan menjelaskan bagaimana evaluasi untuk pembelajaran kelas rangkap di SDN Gunungsari IV. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 7 November sampai 25 November di SDN Gunugsari IV. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan tiga cara yang pertama adalah dengan melakukakan wawancara tersruktur kepada kepala sekolah dan guru pengajar kelas rangkap observasi proses belajar-mengajar kelas rangkap dan Studi dokumentasi terhadap dokumen-dokumen sekolah yang berhubungan dengan pembelajaran kelas rangkap. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan yang pertama guru sudah dapat merencanakan pembelajaran kelas rangkap dengan baik dan benar namun guru masih belum mampu melakukan pengembangan terhadap pembelajaran kelas rangkap ini dikarenakan minimnya pengawasan dan pembinaan dari dinas pendidikan setempat. Kedua guru telah melakukan langkah-langkah pembelajaran kelas rangkap dengan baik dan benar. Namun guru masih kesulitan di dalam mengembangkan metode pembelajaran. Selain itu pembelajran kelas rangkap untuk kelas 1 dan 2 masih kurang efektif karena pada umumnya mereka belum bisa membaca dan menulis dan membutuhkan bimbingan belajar secara intensif. Pembelajaran kelas rangkap juga efektif untuk mengembangkan pendidikan di daerah terpencil yaitu daerah dengan keterbatasan peserta didik tenaga pengajar ruang kelas serta faktor geograsfis lainnya. Semua guru sudah melakukan proses evaluasi dengan baik dan benar pemberian remidial dan pengayaan telah dilakukan oleh guru di dalam pembelajaran kelas rangkap ini. Peserta didik yang melalaui proses pembelajaran dengan menggunakan kelas rangkap mengalami peningkatan kemampuan sosial mereka hal ini dikarenakan mereka diharapkan mampu membangun interaksi dengan teman sekitarnya.Diharapkan hasil penelitian ini menjadi rujukan bagi sekolah untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran kelas rangkap dan bagi pemerintah untuk melakukan pengawasan terhadap implementasi pembelajaran kelas rangkap dan melakukan penelitian lebih mendalam mengenai pembelajaran kelas rangkap dikarenakan pembelajaran kelas rangkap efektif bisa mengatasi keterbatasan pada pendidikan di daerah terpencil. Bagi jurusan teknologi pendidikan hendkanya lebih mendorong mahasiswa untuk melakukan inovasi di dalam pengembangan kurikulum. Sehingga dapat memunculkan alternatifalternatif kurikulum baru yang sesuai dengan karakteristik wilayah geografis ekonomi atau lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item