Pengembangan modul mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa) / Siti Junaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa) / Siti Junaida

Junaida, Siti (2016) Pengembangan modul mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa) / Siti Junaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Junaida Siti. 2016. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci modul guided inquiry memberikan pelayanan kepada pelanggan percaya diri hasil belajar Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh beberapa hal yaitu (1) pembelajaran di kelas masih menggunakan modul yang bersifat konvensional. Kondisi ini membuat proses pembelajaran kurang menarik dan cenderung berjalan kurang efektif sehingga rasa percaya diri siswa dalam mempelajari menemukan dan memahami materi pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan menjadi kurang terbentuk. (2) Hasil belajar yang diperoleh siswa pada akhir pembelajaran belum optimal. Oleh karena itu peneliti mengembangkan modul berbasis guided inquiry yang pada dasarnya merupakan pembelajaran berpusat pada siswa (student center). Hal ini bertujuan agar siswa lebih berperan aktif selama proses pembelajaran sehingga siswa dapat lebih percaya diri atas pemahaman baru yang ditemukannya dan juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa Modul Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry untuk siswa SMK/MAK kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (2) mengetahui tingkat kelayakan modul mata pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry sebagai salah satu bahan ajar untuk siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran (3) mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul dengan siswa yang tidak menggunakan modul mata pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry dan (4) mengetahui tingkat perbedaan percaya diri siswa yang menggunakan modul dengan siswa yang tidak menggunakan modul mata pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan S. Semmel D.S. dan Semmel M.I. melalui 4 tahap penelitian yaitu mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate). Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 1 orang dosen program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul dan 1 orang guru mata pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan SMK Cendika Bangsa sebagai ahli materi dan 6 orang siswa kelas XI APK Bilingual sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Produk yang dikembangkan berupa modul Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry yang dilengkapi dengan Buku Pegangan Guru. Terdapat 3 Kompetensi Dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini yaitu (1) Mendeskripsikan Pelayanan Prima (2) Mengidentifikasi Pelanggan dan Kebutuhannya dan (3) Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan. Analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil validasi ahli modul ahli materi dan subjek uji coba kelompok kecil. Secara keseluruhan hasil analisis data tersebut menunjukkan persentase kelayakan modul sebesar 88%. Artinya modul Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry berkategori sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ditinjau dari segi efektivitas produk berdasarkan perhitungan Uji Independent Samples t Test pada program SPSS dapat diketahui perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 87 96 dan 77 94. Analisis data percaya diri siswa dilakukan berdasarkan hasil dari tiga instrumen pengumpulan data yaitu kuisioner percaya diri observasi percaya diri lahir siswa dan wawancara percaya diri batin siswa. Hasil kuisioner percaya diri menunjukkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 78 5 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77 2. Data tersebut juga didukung dengan hasil observasi percaya diri lahir siswa yang menunjukkan persentase keberhasilan peningkatan percaya diri lahir siswa pertemuan pertama dan kedua pada kelas eksperimen sebesar 95% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 89%. Selain itu hasil wawancara percaya diri batin siswa juga menunjukkan peningkatan pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Akan tetapi peningkatan percaya diri batin siswa pada kelas eksperimen lebih cepat dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan dari semua hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa modul Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa dalam belajar secara mandiri untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru mata pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan disarankan menggunakan modul ini sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Penulis mengharapkan pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian dan pengembangan modul Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan lainnya serta melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan modul hasil pengembangan dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan fokus penelitian penggunaan modul pembelajaran berbasis guided inquiry untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29093

Actions (login required)

View Item View Item