Inesty, Ningari Fitra (2016) Pengaruh pemahaman, sikap, dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap kinerja profesional guru SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Ningari Fitra Inesty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Inesty N.F. 2016. Pengaruh Pemahaman Sikap dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 Terhadap Kinerja Profesional Guru SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Lohana Juariyah S.E. M.Si. Kata kunci pemahaman sikap implementasi SMM ISO 9001 2008 kinerja profesional SMM ISO 9001 2008 merupakan sistem yang berorientasi pada pendekatan proses dalam rangka perbaikan yang berkelanjutan untuk mencapai kebutuhan dan kepuasan pelanggan.Penerapan SMM ISO 9001 2008 di lembaga pendidikan berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan sehingga diharapkan dapat memuaskan pelanggan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan mutu sekolah maupun mutu pendidikan secara nasional di Indonesia. Faktor utama yang menentukan mutu pendidikan adalah guru. Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab guru secara profesional seorang guru harus memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan. SMK yang telah memiliki sertifikat ISO 9001 2008 dalam sistem pengelolaan manajemen sekolah secara tidak langsung harus menjamin kualitas lulusan dengan angka yang memuaskan. Untuk itu harus diimbangi dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan pemahaman sikap dan penerapan SMM ISO 9001 2008 oleh guru agar pelaksanaan sistem tersebut dapat dilakukan secara optimal dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) deskripsi pemahaman sikap implementasi SMM ISO 9001 2008 dan kinerja profesional guru (2) pengaruh pemahaman sikap dan implementasi SMM ISO 9001 2008 secara parsial terhadap kinerja profesional guru (3) pengaruh pemahaman sikap dan implementasi SMM ISO 9001 2008 secara simultan terhadap kinerja profesional guru (4) pengaruh dominan pemahaman sikap dan implementasi SMM ISO 9001 2008 terhadap kinerja profesional guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas dari penelitian ini adalah pemahaman SMM ISO 9001 2008 (X_1) sikap terhadap SMM ISO 9001 2008 (X_2) dan implementasi SMM ISO 9001 2008 (X_3) dengan variabel terikat adalah kinerja profesional guru (Y). Populasi penelitian adalah guru SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang berjumlah 77 guru dengan jumlah sampel 65 guru. Teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari data jumlah guru dan sertifikat ISO 9001 2008. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) angket/kuesioner dan (2) dokumentasi. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linear berganda dilakukan uji asumsi klasik dan analisis korelasi berganda untuk melihat seberapa besar koefisien korelasi antar variabel penelitian. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas yang terlihat pada nilai VIF 10 dan mempunyai angka Tolerance 0 1 (3) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) pemahaman SMM ISO 9001 2008 guru termasuk dalam kategori baik (2) sikap terhadap SMM ISO 9001 2008 guru termasuk dalam kategori sangat baik (3) implementasi SMM ISO 9001 2008 guru termasuk dalam kategori sangat baik (4) kinerja profesional guru termasuk dalam kategori sangat baik.Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman SMM ISO 9001 2008 terhadap kinerja profesional guru (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara sikap terhadap SMM ISO 9001 2008 terhadap kinerja profesional guru (3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara implementasi SMM ISO 9001 2008 terhadap kinerja profesional guru (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman sikap dan implementasi SMM ISO 9001 2008 secara bersama-sama terhadap kinerja profesional guru (5) variabel sikap terhadap SMM ISO 9001 2008 merupakan variabel dominan yang mempengaruhi kinerja profesional guru yaitu sebesar 35 54%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) hasil analisis data deskriptif diketahui pemahaman SMM ISO 9001 2008 guru dalam deskripsi baik sikap terhadap SMM ISO 9001 2008 guru dalam deskripsi sangat baik implementasi SMM ISO 9001 2008 guru dalam deskripsi sangat baik kinerja profesional guru dalam deskripsi sangat baik (2) perhitungan uji t diketahui tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman SMM ISO 9001 2008 terhadap kinerja profesional guru ada pengaruh positif dan signifikan antara sikap terhadap SMM ISO 9001 2008 terhadap kinerja profesional guru tidak ada pengaruh positif dan signifikan antaraimplementasi SMM ISO 9001 2008 terhadap kinerja profesional guru (3) perhitungan uji F dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman sikap dan implementasi SMM ISO 9001 2008 secara bersama-sama terhadap kinerja profesional guru (4) sikap terhadap SMM ISO 9001 2008 merupakan variabel dominan yang mempengaruhi kinerja profesional guru. Peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) bagi kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi untuk meningkatkan peran SMM ISO 9001 2008 dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumen sekolah (2) bagi guru SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi untuk mengembangkan kompetensi pedagogik yang dimiliki (3) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja profesional guru seperti kemampuan keterampilan kepribadian persepsi motivasi menjadi guru pengalaman lapangan latar belakang keluarga gaji sarana dan prasarana lingkungan kerja fisik dan kepemimpinan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |