Rahmawati, Dewi (2015) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dewi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmawati Dewi. 2015. PengaruhKondisiSosialEkonomi Orang Tua Dan PrestasiBelajarSiswaTerhadapMinatSiswaUntukMelanjutkanStudiKePerguruanTinggi (StudiPadaSiswaKelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. WeningPatmi. R S.Pd M.M(II)Drs. I NyomanSuputra M.Si Kata Kunci KondisiSosialEkonomi PrestasiBelajar MinatMelanjutkanStudiKePerguruanTinggi. Kondisisosialekonomidanprestasibelajarmerupakanfaktor-faktor yang dapatmempengaruhiminatuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi.Kondisisosialekonomi orang tuatinggiakanmeningkatkanminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi. Begitujugadenganprestasibelajar apabilasiswamemilikiprestasibelajar yang tinggimakaiaakanmemillikiminat yang tinggi pula untukdapatmelanjutkanstudikeperguruantinggi namunapabilakondisisosialekonomi orang tuadanprestasibelajarrendahmakaminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggimenjadirendah pula. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhkondisisosialekonomi orang tuadanprestasibelajarsiswaterhadapminatsiswakelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjenuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi.Variabel yang ditelitiadalahkondisisosialekonomi orang tua (X1) prestasibelajar (X2) danminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi (Y). Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianmetodedeskriptifkorelatifdenganjenispenelitiankuantitatifassosiatifdanpengambilansampelpopulasikarenajumlahrespondenkurangdari 100.Populasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XII APK TahunAjaran 2014/2015denganjumlah 65 siswa.Pengolahan data penelitianinimenggunakananalisisregresi linier bergandadenganmenggunakan program SPSS 20. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakondisisosialekonomi orang tuasiswakelas XII APK masihrendah prestasibelajarsiswadapatdigolongkanbaikkarenasebagianbesarmemilikinilairapor rata-rata lebihdari 80 sedangkanminatsiswakelas XII APK untukmelanjutkanstudikeperguruantinggimasihrendahhalinidibuktikandengan rasa ingintahusiswamengenaiperguruantinggimasihsangatkurang. Kesimpulandaripenelitianiniadalah (1)Kondisisosialekonomi orang tuasecaraparsialberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikepeguruantinggisebesar 1 645 (2) Prestasibelajarsecaraparsialberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikepeguruantinggisebesar 1 235 (3)Kondisisosialekonomi orang tuadanprestasibelajarsecarasimultanberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggisebesar 18 9% dansebanyak 81 1% dipengaruhiolehfaktor lain diluarpenelitian. Saran bagisekolahyaitumemberikanpandanganmengenaiperguruantinggidanduniakerjasehinggasiswadapatmenentukanpilihanyang bijakuntukmenatamasadepanmereka. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |