Giandhani, Siska Wahyu (2015) Pengaruh minat memilih program keahlian administrasi perkantoran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas XI SMK PGRI Turen Program Keahlian Administrasi Perkantoran) / Siska Wahyu Giandhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Giandhani Siska Wahyu. 2015. Pengaruh Minat Memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si (II) Drs. Moh. Hari M.Si Kata Kunci Minat Memilih Program Keahlian Motivasi Belajar Prestasi Belajar Dalam pembangunan di setiap negara pendidikan merupakan salah satu sektor penting. Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta diklat terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu (Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Pasal 15). Kenyataannya di lapangan masih ada siswa lulusan SMK yang tidak mendapat pekerjaan sesuai dengan jurusan yang mereka tempuh pada saat duduk di bangku SMK hal ini berdampak pada prestasi belajar yang diraih. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya minat dalam memilih Program Keahlian dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran motivasi belajar prestasi belajar. (2) Pengaruh minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran secara parsial terhadap prestasi belajar. (3) Pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap prestasi belajar. (4) Pengaruh minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel bebas penelitian ini adalah minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran (X1) dan motivasi belajar (X2) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar siswa (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI APK SMK PGRI Turen yang berjumlah 75 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 63 siswa menggunakan teknik proportionate random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan empat skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju kurang setuju tidak setuju. Jenis datanya adalah data interval. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa kelas XI APK maupun gambaran umum sekolah. Uji kelayakan digunakan uji validitas dan reliabilitas yang diolah melalui program IBM SPSS 19 for Windows. Penelitian ini menggunakan beberapa model asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji multikolinearitas dan (3) Uji heteroskedastisitas. Hasil menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi multikolinearitas ditunjukkan dengan nilai VIF 10 dan TOL 0 10. (3) Model regresi tidak heteroskedastisitas terlihat pada gambar scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak. Model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran motivasi belajar prestasi belajar semuanya termasuk kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat memilih Program keahlian Administrasi Perkantoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan sig. t 945 (0 049 0 05) (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan sig. t 945 (0 020 0 05) (3) minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan sig. F 945 (0 001 0 05). Saran peneliti dalam penelitian ini adalah (1) Guru dalam menyampaikan materi dikelas sebaiknya menggunakan berbagai macam metode pembelajaran untuk menarik minat siswa. (2) Siswa meningkatkan kemandirian dalam belajar dengan cara mengingat bahwa persaingan didunia pendidikan dan dunia kerja semakin ketat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |