Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada kurikulum merdeka di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Sukma Ulandari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada kurikulum merdeka di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Sukma Ulandari</p>

Ulandari, Sukma (2023) Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada kurikulum merdeka di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Sukma Ulandari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka bertujuan untuk mengembangkan karakter melalui konsep profil pelajar Pancasila. Karakter Profil Pelajar Pancasila salah satunya dikembangkan melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kajian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi P5 pada kurikulum merdeka di SMK Cendika Bangsa meliputi desain pengelolaan pengolahan asesmen dan pelaporan hasil serta evaluasi dan tindak lanjut. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang tahun 2022. Metode studi kasus digunakan karena bertujuan untuk menggali informasi yang mendalam tentang satu individu atau kelompok dalam jangka waktu tertentu sehingga mendapatkan deskripsi yang utuh dan mendalam dari sebuah entitas Teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik interaktif yang meliputi pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain P5 di SMK Cendika Bangsa sudah mengadaptasi sepenuhnya tahapan dalam pedoman P5 mulai dari pembentukan tim hingga pembuatan modul. Tema pertama yang diimplementasikan yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan dengan Topik Lingkunganku dan Judul Mengubah Limbah Menjadi Emas. Melalui tema tersebut mengajarkan siswa untuk bertanggungjawab kepada Tuhan YME melalui kepedulian kepada alam. Pengelolaan P5 di SMK Cendika Bangsa disesuaikan dengan panduan P5 yang sudah dimodifikasi oleh sekolah meliputi provokasi kontekstualisasi aksi P5 serta perayaan hasil belajar. Aksi dilakukan dengan kunjungan dan belajar dari mitra yaitu TPA Talangagung pembuatan produk serta pameran ExCBtion Fest. Pengolahan asesmen dan pelaporan hasil P5 di SMK Cendika Bangsa sudah mengikuti pedoman P5 meliputi mengoleksi mengolah hasil asesmen dan penyusunan rapor proyek. Aksi P5 sebagai wadah menguatkan Profil Pelajar Pancasila meliputi dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia bergotong royong bernalar kritis dan kreatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terjadi penguatan karakter. Dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME terlihat dari kepedulian peserta didik terhadap kebersihan lingkungan serta saling menghargai teman dan guru melalui sapa senyum dan salam. Dimensi gotong royong terlihat dari kebersamaan peserta didik untuk melaksanakan P5 bersama. Dimensi bernalar kritis terlihat ketika peserta didik observasi mengidentifikasi permasalahan dan membuat pemecahan. Dimensi kreatif terlihat dari keberagaman proyek P5. Dampak lainnya terbentuk kebiasaan untuk LISA (Lihat Sampah Ambil). Sebagai tindak lanjut P5 dilakukan dengan melanjutkan kebiasaan yang baik dengan program Mari Beraksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290106

Actions (login required)

View Item View Item