Arifin, Jainul Agus (2015) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Administrasi Kepegawaian kelas XII di SMK negeri 2 Blitar / Jainul Agus Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arifin J.A. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aplikasi Administrasi Kepegawaian Kelas XII Di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata kunci lingkungan belajar hasil belajar Lingkungan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia karena lingkungan selalu mengitari manusia dari waktu ke waktu sehingga antara manusia dengan lingkungan terdapat hubungan timbal balik dimana lingkungan mempengaruhi manusia dan manusia mempengaruhi lingkungan. Begitu pula dalam proses belajar mengajar lingkungan merupakan sumber belajar yang berpengaruh dalam proses belajar dan perkembangan anak. Lingkungan belajar terdiri dari tiga lingkungan utama yaitu lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat (2) Deskripsi hasil belajar siswa (3) Pengaruh lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Blitar (4) Pengaruh lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Blitar (5) Pengaruh dominan lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah lingkungan keluarga (X1) lingkungan sekolah (X2) dan lingkungan masyarakat (X3) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 135 siswa dengan sampel 100 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Sedangkan hasil belajar diklasifikasikan menjadi sangat rendah ( 40) rendah (40-59) cukup tinggi (60-74) tinggi (75-90) dan sangat tinggi ( 90). Sumber data berasal dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang didapat dari guru tentang nilai kognitif siswa pada rapor semester ganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi (3) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga pada siswa dapat diklasifikasikan cukup baik (2) Lingkungan sekolah pada siswa dapat diklasifikasikan cukup baik (3) Lingkungan masyarakat pada siswa dapat diklasifikasikan cukup baik (4) Hasil belajar siswa termasuk dalam klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Administrasi Kepegawaian (2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Administrasi Kepegawaian (3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Administrasi Kepegawaian (4) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Administrasi Kepegawaian (5) Variabel lingkungan masyarakat mempunyai pengaruh yang dominan yaitu sebesar 6 07%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi SMK Negeri 2 Blitar melalui kepala sekolah harus mempertahankan serta meningkatkan kondisi lingkungan sekolah secara optimal (2) Bagi orang tua hendaknya memberikan perhatian yang lebih untuk anak dalam belajar (3) Bagi guru SMK Negeri 2 Blitar hendaknya lebih dekat dan berbaur dengan siswa (4) Bagi masyarakat hendaknya mengajak siswa berperan aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan siswa (5) Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari lingkungan belajar seperti bakat minat motivasi dan cara belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |