Mulyaningsih, Yuli (2015) Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi alat dan bahan kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Jombang) / Yuli Mulyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mulyaningsih Yuli. 2015. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Guided Inquiry pada Materi Alat dan Bahan Kearsipan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Jombang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata kunci modul guided inquiry alat dan bahan kearsipan hasil belajar. Modul memiliki peranan yang penting dalam pelaksanaan proses belajar kearsipan. Perubahan kurikulum di Indonesia dari KTSP ke Kurikulum 2013 menyebabkan ketersediaan modul yang sesuai dengan standar isi kurikulum menjadi terbatas terutama pada mata pelajaran produktif. Untuk dapat membantu guru dalam membimbing siswa pada pembelajaran di kelas modul Kearsipan berbasis guided inquiry dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran karena melibatkan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri untuk memahami konsep berpikir kritis dan analitis sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa modul Kearsipan berbasis guided inquiry pada materi alat dan bahan kearsipan untuk siswa SMK/MAK kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran yang dilengkapi dengan Buku Pegangan Guru (2) mengetahui tingkat kelayakan modul hasil pengembangan sebagai salah satu bahan ajar untuk siswa kelas X Administrasi Perkantoran dalam mempelajari materi alat dan bahan kearsipan dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar Kearsipan berbasis guided inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan modul Kearsipan berbasis guided inquiry. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan S. Semmel D.S Semmel M.I. melaui empat langkah penelitian yaitu mendefinisikan (Define) merancang (Design) mengembangkan (Develop) dan menyebarluaskan (Disseminate). Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 1 orang dosen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul 1 orang guru mata pelajaran Kearsipan SMK Negeri 1 Jombang sebagai validator ahli materi dan 6 orang siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Jombang sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul Kearsipan pada materi alat dan bahan kearsipan dengan menggunakan model guided inquiry yang dilengkapi dengan Buku Pegangan Guru. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini adalah mengidentifikasi alat dan bahan kearsipan dan mempersiapkan alat dan bahan kearsipan. Sajian dan analisis data pada penelitian ini meliputi empat aspek (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian dari validator ahli dan validator user pada keempat aspek tersebut diperoleh rata-rata sebesar 90% yang berarti modul ini termasuk kategori sangat valid dan layak digunakan. Ditinjau dari efektifitas produk berdasarkan data dari perhitungan uji t program SPSS perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 89 61 dengan 83 79 sehingga modul ini efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |