Handriyanti, Ririn (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Ririn Handriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handriyanti Ririn. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi pada Siswa Administrasi Perkantoran Kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Moh. Arief M.Si. (2) Hj. MadziatulChuriyah S.Pd M.M. Kata Kunci Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran merupakan faktor yang penting dalam pembelajaran karena sebuah media merupakan suatu perantara yang dapat membantu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa. Pengembangan media pembelajaran sebagai bagian dari perkembangan ilmu dan teknologi diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menunjang keefektifan dalam kegiatan belajar. Salah satu matapelajaranyang diajarkan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang adalahKorespondensi. Melalui media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi obyektif yaitu metode pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa (2) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 serta melakukan uji coba dan (3) implementasi produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D models) yang dikembangkan Thiagarajan dkk melalui 4 tahap yaitu (1) mendefinisikan (define) (2) merancang (design) (3) mengembangkan (develop) dan (4) menyebarluaskan (disseminate). 12288 12288 12288 12288 Validitas media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba media diujikan kepada siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang kelas X Program Administrasi Perkantoran. Hasil validasi ahli materi mencapai 93.05% yang menyatakan media pembelajaran sangat layak untuk digunakan dan hasil validasi ahli media mencapai73 61% yang menyatakan bahwa media cukup layak untuk digunakan untuk proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai uji Posttest untuk kelas eksperimen adalah 87 59dankelaskontrolsebesar 77 41 artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 12288 12288 12288 12288 Saran pemanfaatan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 ini yaitu (1) sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 sebaiknya pengguna terlebih dahulu membaca buku petunjuk penggunaan (2) penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 hendaknya tidak lepas dari bimbingan guru dansebaiknya guru sudah mempelajari media pembelajaran terlebih dahulu sebelum mengajarkan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |