Implementasi pembelajaran cooperative model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X APK 1 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Liviana Septyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran cooperative model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X APK 1 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Liviana Septyaningrum

Septyaningrum, Liviana (2014) Implementasi pembelajaran cooperative model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X APK 1 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Liviana Septyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Septyaningrum Liviana. 2014. Implementasi Pembelajaran Cooperative Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M. Si. (II) Hj. Madziatul Churiyah S. Pd. M. M. Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Hasil Belajar Penelitian Tindakan Kelas 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran diketahui bahwa 80% guru dalam menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah sehingga siswa hanya sebagai penerima informasi saja. Peneliti mendapat informasi bahwa selama ini metode yang sering digunakan oleh guru adalah ceramah tanya jawab dan penugasan. Siswa sering mendengar materi pelajaran dan mencatat bagian yang dianggap penting pertanyaan yang diajukan siswa pun relatif jarang sehingga pembelajaran yang diterapkan masih cenderung terpusat pada guru. Melihat permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran maka dirasa perlu menerapkan model pembelajaran yang lebih interkatif yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadyah 5 Kepanjen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model alur. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan dilakukan penelitian dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Administrasi Perkantoran adalah (1) Peneliti menerapkan kepada siswa di kelas tentang model pembelajaran Two Stay Two Stray (2) Peneliti melihat adanya peningkatan hasil setelah menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray di kelas (3) Peneliti mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray yang dilakukan pada mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas X APK 1 SMK Muhammadyah 5 Kepanjen menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sikus I ke siklus II. Dilihat dari aspek kognitif pada post test siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 77 5% dan mengalami peningkatan pada post test siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 87 5% sehingga mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 10%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Administrasi Perkantoran di kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen berjalan dengan lancar (2) Pembelajaran model Two Stay Two Stray pada kompetensi dasar Mengidentifikasi Persyaratan Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) Pelaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu (a) Siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Sehingga guru harus menerangkan model ini pada tiap pertemuan sehingga nantinya siswa akan terbiasa (b) Siswa masih nampak gaduh saat awal pembagian kelompok. Dalam hal ini guru harus lebih pandai lagi dalam mengelola kelas (c) Siswa nampak kurang bersemangat saat pemberian post test. Guru harus lebih memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan memberikan reward (d) Perlu dibutuhkan waktu yang banyak dalam menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray sehingga guru harus lebih cermat lagi dalam mengelola waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28923

Actions (login required)

View Item View Item