Maldini, Shakila Ocvabiola Nindya (2023) Hubungan self concept dan vocational skill dengan career adaptability di era revolusi industri 4.0 pada siswa SMK kelas xi program keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 3 Jombang / Shakila Ocvabiola Nindya Maldini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
SMK adalah sekolah yang mendidik lulusan yang siap kerja. Siswa di SMK dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi tantangan potensi dan persaingan di dunia kerja. Siswa perlu mengembangkan keterampilan kejuruan mereka jika mereka ingin berhasil di tempat kerja di mana tenaga ahli di bidangnya sangat dibutuhkan. Siswa juga harus mampu memahami dirinya sendiri dan konsep dirinya. sehingga mahasiswa dapat memilih jalur karir yang sesuai dengan keahliannya. Kesiapan siswa memasuki dunia kerja dipengaruhi oleh konsep diri dan keterampilan vokasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Mendeskripsikan Konsep Diri (X1) Kemampuan Beradaptasi Profesional (Y) Keterampilan Vokasional (X2) dan hubungan yang signifikan antara (X1) dan (Y). juga Koneksi Kritis di suatu tempat di kisaran (X1) dan (X2) dengan (Y) pada waktu yang sama. Desain penelitian deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif membentuk metode penelitian. Sebanyak 100 siswa kelas XII yang mengikuti program keahlian TITL di SMKN 3 Jombang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh untuk menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian untuk mencapai hasil dengan tingkat kesalahan yang rendah. Kuesioner yang telah divalidasi dan terbukti andal digunakan untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis korelasi parsial dengan bantuan software SPSS. Untuk pengambilan keputusan tingkat signifikansinya adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Kelas XII Program Kemampuan TITL SMKN 3 Jombang tergolong sangat tinggi dengan skor rata-rata 62 81 pada variabel level X1. Variabel X2 memiliki nilai rata-rata yang tinggi yaitu 77 34. Variabel Y tergolong memiliki taraf sangat tinggi dengan nilai rata-rata 48 58. X1 dan X2 masing-masing memberikan kontribusi sebesar 31 43% dan 68 47% variabel independen terhadap variabel dependen. X1 dan X2 memberikan kontribusi efektif masing-masing sebesar 8 74 persen dan 19 03 persen. Akhir dari tinjauan ini adalah bahwa X1 dan X2 memiliki hubungan yang positif dan kritis dengan Y selama ini dan X1 dan X2 memiliki hubungan yang positif dan besar dengan Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/288958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |