Perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas x menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di smkn 1 kepanjen / Fedrico Chrisnanda Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas x menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di smkn 1 kepanjen / Fedrico Chrisnanda Putra

Putra, Fedrico Chrisnanda Putra (2023) Perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas x menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di smkn 1 kepanjen / Fedrico Chrisnanda Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran merupakan sebuah upaya yang dilakukan dengan sistematis untuk membantu pengajar dalam proses belajar mengajar dan juga peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Flipped Classroom sendiri adalah model pembelajaran yang berfokus pada pemberian materi sebelum pembelajaran dilakukan atau membalik dari proses pembelajaran tradisional. Flipped Classroom sendiri akan membantu dalam mengatasi keterbatasan waktu ruang dan kondisi saat pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMK N 1 Kepanjen (2) model pembelajaran yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Kepanjen. Dalam penelitian ini menggunakan model quasi eksperimen yang memiliki desain penelitian memakai dua kelas. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Kepanjen tahun pelajaran 2022/2023. Teknik sampling yang akan digunakan adalah purposive sampling. Data yang dipakai adalah hasil belajar kognitif dari peserta didik. Hasil belajar kognitif didapatkan dari nilai post-test. Simpulan dari penelitian ini didapatkan perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan Problem Based Learning. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang dilakukan secara signifikan model pembelajaran Flipped Classroom memiliki hasil belajar dengan nilai rata-rata 84 686 dan model Problem Based Learning memiliki hasil post-test dengan nilai rata-rata sebesar 78 629.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288956

Actions (login required)

View Item View Item