Sirojudin, Hiza (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran kelas X SMK Wisnuwardhana Malang) / Hiza Sirojudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sirojudin Hiza. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wisnuwardhana Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M (II) Drs. Sarbini. Kata kunci pembelajaran kooperatif model STAD hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti beberapa waktu sebelumnya diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa kelas X AP pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK Wisnuwardhana Malang masih rendah. Hal tersebut terlihat dari nilai ulangan harian yang diperoleh siswa kelas 1 AP pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK Wisnuwardhana Malang masih kurang memuaskan karena masih terdapat 16 siswa yang belum mencapai nilai SKM dari total 36 siswa. Hal ini disebabkan oleh 1) Kurangnya persiapan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran 2) Siswa kurang memperhatikan guru yang sedang mengajar di kelas 3) Rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar di kelas 4) Siswa tidak mengerjakan sendiri tugas yang diberikan oleh guru melainkan dengan cara meniru hasil pekerjaan teman dan bahkan ada yang tidak mengumpulkan tugas. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. 2) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi. 3) Untuk mengetahui respons siswa kelas X AP terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AP di SMK Wisnuwardhana Malang dengan jumlah 36 siswa. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian didapatkan dengan metode tes. Data hasil belajar menunjukkan peningkatan perolehan skor rata-rata pada siklus I adalah 68 33 dan pada siklus II adalah 76 67. Dari 14 deskriptor dalam aktivitas siswa yang meliputi memperhatikan pendapat/pekerjaan anggota kelompok sampai membaca literatur/pustaka yang relevan menunjukkan peningkatan persentase rata-rata yaitu pada siklus I adalah 55 29% (cukup) dan pada siklus II adalah 86 63% (sangat baik). Data pendukungnya adalah hasil angket yang dibagikan kepada siswa yang menunjukkan para siswa menanggapi dengan senang pembelajaran kooperatif model STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD guru perlu mengatur waktu dan mempersiapkan rencana kegiatan yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien. 2) Pemberian penghargaan kepada siswa juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |