Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Karina Septianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Karina Septianingsih

Septianingsih, Karina (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Karina Septianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Septianingsih Karina. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (Studi Pada Siswa Kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Heri Pratikto M.Si (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif keaktifan dan hasil belajar Media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian siswa. Teknologi terutama multimedia mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan. Multimedia interaktif menyajikan materi dengan warna dan visual yang menarik dan dapat membantu siswa memahami materi. Sarana dan prasarana sekolah yang tersedia mendukung penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Sugiyono yang telah dimodifikasi. Tahapan yang digunakan meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain media 4) validasi media 5) revisi media I 6) uji coba media 7) revisi media II dan 8) penyempurnaan media. Validasi media dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Uji coba pemakaian media dilakukan pada siswa kelas X APK 2 yang berjumlah 39 siswa. Hasil validasi ahli materi sebesar 80% yang menyatakan media valid/layak digunakan dan untuk hasil validasi ahli media mencapai 90% yang menyatakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini layak/dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari hasil observasi yang menyatakan keaktifan klasikal sebesar 74 35% . Hasil belajar siswa dari hasil posttest melalui t-test paired sample yang memperoleh nilai signifikan 0.000 0 05 dan nilai t hitung (-9 793) t tabel (2 024) yang menunjukkan adanya perubahan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini saran peneliti adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat digunakan pada standar kompetensi lainnya dalam ruangan kelas dengan intensitas cahaya rendah sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang membantu guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28842

Actions (login required)

View Item View Item