Ratnasari, Meika (2013) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasail belajar mengelola data dan informasi di tempat kerja (Studi pada siswa kelas XI APK di SMK Widya Dharma) / Meika Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Pembelajaran Numbered Heads Together hasil belajar motivasi belajar Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan model pembelajaran yang digunakan kurang mendorong timbulnya keaktifan siswa pada mata pelajaran mengelola data dan informasing di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas XI APK I SMK Widya Dharma Turen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus RPP lembar kerja siswa lembar observasi contoh soal dan angket. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan (1) wawancara (2) penyebaran angket (3) observasi (4) tes dan (5) dokumentasi. Tahapan selanjutnya adalah analisis data namun sebelumnya data akan dikelompokkan berdasarkan aktivitasnya kemudian baru akan dianalisi dengan mereduksinya/ menyederhanakan data model data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dibagi menjadi 4 tahap kegiatan yaitu (1) pendahuluan dari observasi awal pengamatan pendahuluan siswa guru dan dukungan pihak sekolah. Pelaksanaan siklus I dan siklus II meliputi (1) rencana tindakan model pembelajaran Numbered Heads Together (2) pelaksanaan tindakan model pembelajaran Numbered Heads Together (3) temuan penelitian pada tindakan model pembelajaran Numbered Heads Together (4) refleksi tindakan model pembelajaran Numbered Heads Together Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together bisa diterapkan dalam mata pelajaran mengelola data dan informasi di tempat kerja adanya peningkatan motivasi dari siklus I dan II pada tiap-tiap tahap secara keseluruhan terdapat peningkatan dari siklus I sebesar 62 9% dan siklus II 73 6%. Hasil belajar pre test siklus I tingkat ketuntasannya 54 8% sedangkan hasil belajar post test tingkat ketuntasannya 77 4%. Pada siklus II hasil belajar pre test tingkat ketuntasannya 70 9% sedangakn hasil belajar post testnya tingkat ketuntasannya 96 7%. Saran dari penelitian ini adalah sangat pentingnya sebuah inovasi dalam pembelajaran untuk dapat mendorong siswa meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |