Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi (studi pada siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Kendal Ngawi) / Aulia Rahmaniar Paradise - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi (studi pada siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Kendal Ngawi) / Aulia Rahmaniar Paradise

Paradise, Aulia Rahmaniar (2013) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi (studi pada siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Kendal Ngawi) / Aulia Rahmaniar Paradise. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci Role Playing dan hasil belajar. Pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam proses pembangunan nasional. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Upaya untuk mencapai taraf pendidikan yang optimal sesuai dengan tujuan pendidikan dituntut adanya suatu kreatifitas ilmiah yang dapat menunjang proses belajar mengajar agar terlaksana secara efektif dari guru dan juga siswa sebagai peserta didik. Siswa dituntut bukan hanya belajar untuk menerima tetapi juga harus belajar secara aktif ketika proses pembelajaran. Guru diharapkan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa agar dapat berpikir lebih kritis. Role Playing merupakan pendekatan yang mengacu pada pembelajaran ini. Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan di kelas dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Dalam pembelajaran ini siswa dapat berperan aktif dan dapat mengetahui secara langsung bagaimana aplikasi dari mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing 2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa 3) mendeskripsikan kendala dalam penerapan model pembelajaran Role Playing dan solusi mengatasinya. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kendal Ngawi dengan tahap-tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Wawancara (2) Observasi (3) Catatan Lapangan (4) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu 1) reduksi data 2) paparan data 3) penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program studi Administrasi Perkantoran yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus tiap siklus 2 kali pertemuan pada tanggal 8 Mei 2012 hingga 29 Mei 2012. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah 1) penerapan model Role Playing terdiri dari 6 tahapan yaitu (a) pembagian kelompok (b) pembagian skenario (c) pemilihan peran (d) mempelajari scenario (e) bermain peran (f) evaluasi sudah terlaksana dengan baik 2) Hasil belajar siswa dari aspek kognitif menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 70% ke siklus II sebesar i ----------------------- Page 2----------------------- 86 6%. Dari aspek afektif terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 50% ke siklus II sebesar 83 3%. Sedangkan dari aspek psikomotorik terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 66 6% ke siklus II sebesar 100%. 3) kendala dalam menerapkan model pembelajaran Role Playing dan solusi mengatasinya yaitu (a) Siswa masih banyak yang merasa bingung dan canggung ketika tampil di depan kelas. Peneliti harus memberi motivasi dan semangat kepada siswa agar muncul keberanian tidak merasa malu atau canggung ketika tampil di depan kelas (b) Para siswa merasa kesulitan pada saat memerankan tokoh peran dalam scenario yang dibuat oleh peneliti sehingga siswa kurang menghayati peran yang dimainkan. Solusinya Peneliti terlebih dahulu harus menjelaskan bagaimana memerankan tokoh peran dalam scenario dan pada saat tampil bermain peran siswa sudah dapat menghayati perannya tersebut (c) Kurang tersedianya jumlah pesawat telepon yang digunakan siswa untuk praktik dan siswa merasa kesulitan mengoperasikan pesawat telepon. Peneliti berinisiatif menggunakan handpone dan membawa pesawat telepon sendiri. Serta peneliti memberi arahan kepada siswa yang kesulitan mengoperasikan pesawat telepon (d) Dibutuhkan waktu yang banyak dalam menerapkan model pembelajaran Role Playing sehingga guru harus lebih cermat lagi dalam mengelola waktu. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi sekolah diharapkan dapat menambah jumlah sarana dan prasarana ruang labboratorium dan penataan ruang kelas untuk peningkatan kualitas pembelajaran (2) bagi guru mata pelajaran dapat menambahkan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) bagi peserta didik harus lebih sering membaca bacaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran dan. lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran (4) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran yang lain tetapi dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item