Fauzi, Fenti Risma (2012) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fenti Risma Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Pembelajaran Problem Based Learning keterampilan siswa memecahkan masalah. Dari hasil pengamatan peneliti di lapangan saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammdiyah 3 Singosari menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Saat mengikuti pembelajaran Kewirausahaan beberapa siswa terlihat kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Ketika guru menjelaskan materi beberapa dari siswa terlihat ada yang mengantuk dan mengobrol dengan temannya. Ini terjadi karena psoses pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Materi yang disampaikan oleh guru kurang dapat diserap oleh siswa karena kurangnya perhatian dari siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Dalam proses pembelajaran guru tidak memfasilitasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan pola pikir mereka guru kurang bisa mengaitkan materi kewirausahaan dengan penerapnnya dalam dunia nyata karena metode pembelajaran yang dipilih belum tepat. Dalam proses pembelajaran siswa kurang berpartisipasi dalam mengemukakan pendapat serta kurang adanya kerjasama yang baik dalam berdiskusi sehingga siswa kurang meningkatkan keterampilannya dalam memecahkan masalah. Untuk mengatasi situasi tersebut peneliti merasa pembelajaran kontekstual yang tepat untuk mengaktifakan siswa dan mampu mengembangkan pola pikirnya yang kreatif serta mengembangkan keterampilan memecahan masalah adalah metode pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X AK 3 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari mengetahui keterampilan siswa kelas X AK 3 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari memecahkan masalah terhadap mata pelajaran Kewirausahaan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X AK 3 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan mengetahui respon siswa kelas X AK 3 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Kewirausahaan. Data diambil dari pre test dan post test lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh pengamat penilaian siswa indikator kemampuan siswa menyampaikan pemikiran meningkat dari 55 36% ii dari siklus 1 menjadi 76 44% pada siklus II. Penilaian siswa indikator ketepatan hasil karya meningkat dari 57 14% pada siklus menjadi 89 66% pada siklus II. Penilaian siswa ranah kognitif meningkat dari ketuntasan klasikal belajar 57 14% pada siklus I menjadi 89 29% pada siklus II penilaian siswa ranah afektif juga mengalami peningkatan dari 89 28% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan penilaian siswa ranah psikomotorik 37 71% pada siklus I meningkat menjadi 89 28% pada siklus II. Dengan data hasil observasi tersebut bisa dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Hal ini dibuktikan dari aktifitas siswa saat presentasi dan diskusi kelompok yang meningkat nilai yang didapat oleh siswa juga meningkat dan mengalami ketuntasan belajar. Saran yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran kewirausahaan adalah model pembelajaran Problem Based Learning sebagai alternatif model pembelajaran dapat diterapkan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan keterampilan dalam memecahakan masalah sehingga siswa dapat menjadikan pengalaman yang mereka dapatkan menjadi suatu konsep materi pelajaran. Siswa hendaknya mengikuti pembelajaran tersebut dengan sungguhsungguh dan percaya diri saat mengemukakan pendapat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa untuk terampil dalam memecahkan masalah. Kepala Sekolah dapat menghimbau agar para guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran lain yang sesuai agar para siswa memperoleh pengalaman dari pemecahan masalah yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Untuk penelitian yang akan datang model pembelajaran Problem Based Learning hendaknya coba diterapkan pada bidang atau mata pelajaran yang lain yang sesuai sehingga meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |