Penerapan peta konsep untuk meninngkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (Studi pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X APK SMK PGRI Dampit) / Agnes Lisa Ika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan peta konsep untuk meninngkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (Studi pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X APK SMK PGRI Dampit) / Agnes Lisa Ika Sari

Sari, Agnes Lisa Ika (2012) Penerapan peta konsep untuk meninngkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (Studi pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X APK SMK PGRI Dampit) / Agnes Lisa Ika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peta konsep Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Peta Konsep pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran Kelas X APK SMK PGRI Dampit sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI Dampit tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk tiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi tes catatan lapangan dokumentasi wawancara dan angket motivasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Motivasi belajar siswa siklus I dan siklus II didapatkan bahwa terdapat penurunan motivasi siswa pada siklus II rata-rata skor motivasi siswa pada siklus II hanya 4 23 sedangkan pada siklus I mencapai 4 3. Tetapi secara umum tingkat motivasi belajar siswa dilihat dari rata-rata skor motivasi yang didapat masih ada dalam kategori B dengan kualifikasi baik. Hasil belajar aspek kognitif siswa siklus I menunjukkan nilai rata-rata tes akhir hasil belajar siswa adalah 84 46 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 80 77%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 95 45% dengan nilai rata-rata mencapai 90 45. Aspek afektif siswa siklus I menunjukkan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata per kegiatan 2 3 dengan persentase pencapaiannya adalah 76 92%. Pada siklus II mencapai nilai rata-rata per kegiatan 2 48 dengan persentase pencapaiannya adalah 82 90%. Untuk aspek psikomotorik siswa siklus I mencapai nilai rata-rata per kegiatan 2 22 dengan persentase pencapaiannya adalah 74 35%. Pada siklus II mencapai nilai rata-rata per kegiatan 2 34 dengan persentase pencapaiannya adalah 78 19%. Saran yang diberikan adalah 1) bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman akan mata pelajaran yang memiliki banyak teori dan juga meningkatkan keaktifan dalam kelas 2) bagi guru dapat menerapkan Peta Konsep sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran 3) bagi sekolah diharapkan dapat menjadi alternatif pemilihan strategi dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan siswa 4) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan Peta Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item