Palupi, Lilin Endah (2012) Penerapan pembelajaran metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AP pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak di SMK PGRI 4 Kota Blitar / Lilin Endah Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Metode Demonstrasi Hasil Belajar Siswa. Dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran pendidik harus mampu menemukan strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif menyenangkan dan lebih memberdayakan potensi siswa. Pembelajaran metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran tersebut. Karena metode ini mendorong siswa untuk aktif dan menemukan sendiri apa yang dipelajarinya. Permasalahan yang terdapat di SMK PGRI 4 Kota Blitar diketahui bahwa kegiatan belajar pada mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak menggunakan penugasan namun masih didominasi oleh guru dan kurang terpusat pada siswa sehingga aktivitas siswa kurang berkembang. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersifat teoritik jadi siswa kurang dapat mengembangkan pengetahuannya. Selain hal tersebut permasalahan yang terjadi pada siswa kelas X APK adalah banyak siswa yang masih kurang berani untuk mengungkapkan jawaban pendapat ataupun ide dalam pikirannya. Apabila aktivitas di dalam kelas menurun maka prestasi belajar pun akan menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran hasil belajar serta respon siswa dalam pembelajaran metode demonstrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMK PGRI 4 Kota Blitar diketahui bahwa penerapan pembelajaran metode demonstrasi (1) menjadikan siswa lebih aktif berani bertanya dan menyampaikan pendapat (2) meningkatkan hasil belajar aspek kognitif serta psikomotor. Peningkatan aspek afektif sebesar 5 14% dari siklus I sebesar 81 62% menjadi 86 76% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif sebesar 5 88% dari siklus I sebesar 88 23% menjadi 94 11% pada siklus II. Sedangkan pada aspek psikomotor mengalami peningkatan sebesar 2 62% pada siklus I mencapai rata-rata 85 29% dan pada siklus II mencapai rata-rata 87 91%. Setelah penelitian ini dilaksanakan maka dianjurkan kepada guru untuk selalu memberikan arahan dan motivasi kepada siswa agar siswa lebih aktif dan berani mengutarakan pendapatnya. Guru juga dianjurkan untuk lebih efektif dalam mengatur waktu yang terbatas untuk materi praktek seperti pada mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |