Penerapan model pembelajaran student facilitor and explanning (SFAE) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani pengadaan dokumen (Studi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas X di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran student facilitor and explanning (SFAE) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani pengadaan dokumen (Studi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas X di SMK Cendika Bangsa Kepanjen)

Firmansyah, Indra Cahya (2012) Penerapan model pembelajaran student facilitor and explanning (SFAE) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani pengadaan dokumen (Studi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas X di SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Student Facilitator and Explaining Aktivitas Hasil Belajar. Penerapan sistem pembelajaran yang tradisional atau konvensional secara berkesinambungan tanpa adanya sebuah variasi dapat menjadi salah satu kendala dalam pembentukan pengetahuan secara aktif maka diperlukan variasi dan kreativitas dalam metode pembelajaran oleh pendidik. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Student Facilitator and Explanning. Model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining adalah model pembelajaran kooperatif yang mendasarkan pada penugasan tiap-tiap kelompok dimana masing-masing kelompok diberi tugas yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk tiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu sebesar persentase 6 67%. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif dimana rata-rata nilai awal dari guru 69 7% setelah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining siklus 1 meningkat menjadi 71 07% dan 82 67% pada siklus 2. Saran yang diberikan adalah sebaiknya penerapan model Student Facilitator and Explaining dapat diterapkan dalam mata pelajaran yang banyak materi praktek sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam memahami materi. Seperti mata pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor K3LH Mengelola Perjalanan Bisnis Mengelola Pertemuan/rapat dan Speed Typing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28806

Actions (login required)

View Item View Item