Evaluasi implementasi standar nasional pendidikan (SNP) pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK tektil Pandaan Pasuruan / Rista Susanti Afania - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi implementasi standar nasional pendidikan (SNP) pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK tektil Pandaan Pasuruan / Rista Susanti Afania

Afania, Rista Susanti (2012) Evaluasi implementasi standar nasional pendidikan (SNP) pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK tektil Pandaan Pasuruan / Rista Susanti Afania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi implementasi standar nasional pendidikan Untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas keluarlah PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Standar Nasional Pendidikan pada program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Mei 2012 dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Standar Nasional Pendidikan tentang Standar Isi telah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa komponen Standar Isi pada sekolah tersebut telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan (2) Implementasi Standar Nasional Pendidikan tentang Standar Proses sebagian besar telah memenuhi ketentuan dalam Standar Nasional Pendidikan meskipun ada beberapa komponen yang masih belum sesuai. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa penerapan Standar Proses belum sepenuhnya memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Saran peneliti ialah Sekolah sebaiknya melakukan evaluasi lagi mengenai implementasi Standar Proses pada program keahlian Administrasi Perkantoran khususnya pada bagian pelaksanaan proses pembelajaran yaitu pada kegiatan pendahuluan dan penutup. Sehingga nantinya dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah tersebut. Guru sebaiknya juga menerapkan Standar Nasional Pendidikan dengan baik. Misalnya dalam melaksanakan pembelajaran guru sebaiknya melaksanakan kegiatan pendahuluan dan penutup sesuai dengan yang ada dalam RPP. Sehingga nantinya tercipta iklim pendidikan yang juga baik. Peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menggali hal-hal lain yang berkaitan dengan Standar Isi Standar Proses ataupun pada standar lainnya. Misalnya pada Standar Isi yaitu tentang seberapa dalam materi pelajaran yang disampaikan guru dapat diterima oleh peserta didik. Ataupun pada Standar Proses yaitu tentang seberapa matang perencanaan proses pembelajaran dipersiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Sehingga didapatkan hasil penelitian yang lebih mendalam lagi mengenai Standar Isi Standar Proses maupun pada standar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28798

Actions (login required)

View Item View Item