Penerapan pembelajaran kooperatif model explicit instruction untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan peralatan kantor kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nur Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model explicit instruction untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan peralatan kantor kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nur Rohmawati

Rohmawati, Nur (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model explicit instruction untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan peralatan kantor kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nur Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Explicit Instruction Motivasi Hasil Belajar. Pendidikan merupakan upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan sesuai tuntutan perkembangan waktu kualitas suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Maka perlu untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat tercapai secara optimal yaitu dengan pengembangan dan perbaikan terhadap komponen pendidikan. Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya pendidik untuk membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar. Proses pembelajaran yang ada selama ini ternyata hanya membuat siswa sangat terbebani dengan materi dan tugas yang diberikan oleh guru sehingga siswa merasa bosan di dalam kelas. Guru dalam menyampaikan pelajaran kurang menarik perhatian siswa akibatnya ketika siswa lulus dari sekolah mereka pintar teoritis tetapi mereka miskin aplikasi. Metode pembelajaran yang baik adalah memberikan kesempatan secara langsung kepada siswa untuk terlibat di dalam proses pembelajaran dan menggunakan semua potensi yang dimiliki serta mengembangkan kemampuannya. Beberapa metode yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah metode Explicit Instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction untuk mengetahui motivasi dari pembelajaran model Explicit Instuction untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model alir yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t pada hasil belajar aspek kognitif. Untuk melakukan pengujian terhadap dua sampel yang berhubungan atau dua sampel berpasangan maka peneliti menggunakan analisis Paired-Samples T Test. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Muhammadyah 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi berdasarkan pada siklus 1 dari aspek ketekunan sebesar 66% aspek vii minat sebesar 46% dan perhatian sebesar 75% dan mengalami peningkatan pada siklus II dari aspek ketekunan sebesar 93% aspek minat sebesar 86% dan perhatian 90% hasil belajar pada pembelajaran Explicit Instruction pada siklus I adalah hasil belajar rata-rata siswa adalah 79 33 dan mengalami peningkatan sebesar 10 67 menjadi 90 pada siklus II .Aspek afektif pada siklus I memiliki ratarata nilai 84 81 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87 4 . Aspek psikomotorik pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 83 dan meningkat sebesar 4 menjadi 87 pada siklus II. Selain itu penerapan model pembelajaran Explicit Instruction mendapat respon sangat positif sebesar 93% siswa dan 7% siswa memberikan respon positif. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah (1) Bagi guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran explicit instruction usahakan untuk mengadakan demonstrasi agar siswa mampu memahami materi dengan bahasanya sendiri dan berani untuk berbicara di depan kelas. Berikan motivasi dan sedikit pengarahan ketika berada di depan kelas. (2) Bagi siswa agar dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir secara nyata berani mengungkapkan pendapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) Bagi lembaga dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk mengembangkan proses pendidikan pada umumnya dan memperbaiki proses belajar mengajar di sekolah. (4) Bagi peneliti lain dalam penelitian selanjutnya diharapkan penerapan pembelajaran Explicit Instruction bukan hanya pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28795

Actions (login required)

View Item View Item