Penerapan pembelajaran kooperatif metode Student Teams Achiement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi / Suluh Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif metode Student Teams Achiement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi / Suluh Prasetyo

Prasetyo, Suluh (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif metode Student Teams Achiement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi / Suluh Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode STAD Motivasi Hasil Belajar Melakukan Prosedur Administrasi. Proses pembelajaran di kelas memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Guru hendaknya dapat memilih dan menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi atau bahan ajar yang akan diberikan pada siswa. Penerapan metode pembelajaran yang inovatif dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui penerapan pembelajaran kooperatif untuk mendorong siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar mengajar. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan adalah pembelajaran kooperatif metode STAD. Dalam pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif metode STAD ini siswa belajar dalam kelompok yang heterogen dimana didalamnya terdapat saling ketergantungan positif interaksi tatap muka akuntabilitas individual dan keterampilan untuk menjalin hubungan antar pribadi. Sehingga siswa dapat belajar lebih aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif metode STAD pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di kelas X APK di SMK PGRI 2 Malang (2) mengetahui motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif metode STAD (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif metode STAD. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan (1) observasi (2) tes (3) angket (4) catatan lapangan (5) dokumentasi (6) wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif metode STAD secara umum telah dilaksanakan dengan baik dan tercipta kebiasaankebiasaan positif seperti kebiasaan bekerja sama dalam kelompok aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mengemukakan pendapat sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 79 59 dengan persentase 82 91% sedangkan hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 81 59 dengan persentase 84 99%. Dari data hasil angket motivasi belajar tersebut menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2 08%. Hasil belajar siklus I menunjukkan rata-rata nilai 90 77 sedangkan hasil belajar siklus II menunjukkan rata-rata nilai 93 18. Dari data tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2 28%. Walaupun peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kurang signifikan akan tetapi secara keseluruhan penerapan pembelajaran metode STAD mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif metode STAD dilaksanakan dalam dua siklus untuk menciptakan kebiasaan-kebiasaan positif seperti kebiasaan bekerja sama dalam kelompok aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mengemukakan pendapat (2) penerapan pembelajaran kooperatif metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (3) penerapan pembelajaran kooperatif metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan adalah (1) bagi guru mata pelajaran melakukan prosedur administrasi SMK PGRI 2 Malang dianjurkan menerapkan pembelajaran metode STAD dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (2) bagi siswa hendaknya mengikuti proses belajar mengajar dengan baik karena setiap siswa dituntut dapat bekerja sama berani mengemukakan pendapat saling menghargai dan bertanggung jawab atas penilaian kelompoknya. (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya memadukan dengan metode pembelajaran lainnya sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28790

Actions (login required)

View Item View Item