Penerapan pembelajaran kooperatif model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola pertemuan rapat (Studi kasus pada kelas XI SMK Patria Babat - Lamongan tahun ajaran 2011/2012 / Nabilla Abbad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola pertemuan rapat (Studi kasus pada kelas XI SMK Patria Babat - Lamongan tahun ajaran 2011/2012 / Nabilla Abbad

Abbad, Nabilla (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola pertemuan rapat (Studi kasus pada kelas XI SMK Patria Babat - Lamongan tahun ajaran 2011/2012 / Nabilla Abbad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Role Playing Aktivitas hasil belajar Mata Pelajaran Mengelola Pertemuan Rapat Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas XI APK SMK Patria Babat pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan Rapat tergolong rendah. Salah satunya dikarenakan kurangnya variasi metode mengajar yang menjadikan kejenuhan pada siswa. Hal ini menimbulkan kurangnya konsentrasi siswa disamping rendahnya komunikasi antar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan siswa dalam Mengelola Pertemuan Rapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI APK SMK Patria Babat pada tanggal 22 Maret sampai 9 April 2012. Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran Role Playing dimulai dengan cara membagi siswa dalam kelompok pembagian tugas bermain peran pada masing-masing kelompok praktek dialog tanya jawab dan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi tes angket wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Role Playing yang dilakukan di kelas XI APK SMK Patria Babat dalam mata pelajaran Mengelola Pertemuan Rapat ini menunjukkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa dari sebelum diterapkan model pembelajaran Role Playing siswa yang tuntas belajar sejumlah 10 siswa menjadi 77.6 pada rata-rata skor siswa dan 12 siswa yang tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II setelah diterapkan model pembelajaran Role Playing rata-rata skor siswa meningkat menjadi 82.6 dan semua siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa model pembelajaran Role Playing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk (1) membantu guru dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) membantu siswa untuk mengeksplorasikan pemahamannya terhadap materi yang dipelajari dan (3) membantu sekolah dalam pengajaran Mengelola Pertemuan Rapat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28789

Actions (login required)

View Item View Item