Resmiati, Afriatma Sulung (2012) Penerapan model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar administrasi (studi pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek) / Afriatma Sulung Resmiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Numbered Head Together (NHT) Motivasi Hasil Belajar. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran guna untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan pembelajaran dengan model NHT (2) Mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa (3) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa (4) Mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi pada saat penerapan model NHT dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek pada siswa kelas X APK yang berjumlah 19 siswa pada mata pelajaran Dasar Administrasi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui (1) Observasi (2) Catatan Lapangan (3) Wawancara (4) Angket (5) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model NHT dilaksanakan dengan baik. Hasil motivasi belajar ditunjukkan dari siklus I sebesar 3 27% meningkat menjadi 3 40% pada siklus II. Untuk aspek kognitif nilai rata-rata hasil post test siklus I sebesar 80 05 meningkat menjadi 90 18 pada siklus II. Untuk ketuntasan klasikal aspek kognitif pada siklus I sebesar 76 47% meningkat menjadi 88 24% pada siklus II. Nilai rata-rata aspek afektif mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77 64 menjadi 81 94 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan pembelajaran model NHT mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa 2) hambatan yang dialami selama pelaksanaan penerapan model NHT dapat diatasi dengan adanya solusi yang salah satunya yaitu memberikan motivasi agar siswa aktif dalam diskusi dan berani untuk mengemukakan pendapat. Saran yang dapat peneliti berikan adalah 1) siswa hendaknya lebih aktif dan berani mengungkapakan pendapatnya 2) bagi guru mata pelajaran dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif misalnya NHT ini agar pembelajarannya lebih variatif 3) bagi Kepala Sekolah hendaknya membimbing tenaga pengajarnya untuk menerapkan pembelajaran kooperatif 4) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model yang lebih bervariatif lagi agar motivasi dan hasil belajar siswa lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |