Penerapan pembelajaran kontektual strategi inquiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (Studi pada siswa prgram Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X AP 2 di SMK PGRI 3 Blitar) / Anik Triani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontektual strategi inquiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (Studi pada siswa prgram Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X AP 2 di SMK PGRI 3 Blitar) / Anik Triani

Triani, Anik (2012) Penerapan pembelajaran kontektual strategi inquiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (Studi pada siswa prgram Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X AP 2 di SMK PGRI 3 Blitar) / Anik Triani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kontekstual Strategi Inquiry Aktivitas Belajar Hasil Belajar Siswa. Strategiinquiry merupakan strategi yang dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran. Strategi ini mendorong siswa untuk aktif dan menemukan sendiri apa yang dipelajarinya. Oleh karena itu pengetahuan yang diperoleh tidak hanya teori namun dapat diterapkan dalam dunia kerja. Permasalahan pembelajaran yang terdapat di SMK PGRI 3 Blitar adalah siswa kurang aktif ramai saat kegiatan belajar belum terbiasa menyampaikan pendapat dan presentasi di depan kelas. Selain itu aktivitas siswa banyak mencatat mendengarkan dan mengerjakan tugas sehingga suasana pembelajaran terlihat menjenuhkan. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mengetahui penerapan pembelajaran kontektsual strategi inquiry pada kelas X AP 2 SMK PGRI 3 Blitar (2) mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan pembelajaran kontekstual strategi inquiry (3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual strategiinquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini berupa uraian-uraian atau kalimat yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian di kelas X AP 2 SMK PGRI 3 Blitar dengan kompetensi dasar mengurus/menjaga sistem dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes catatan lapangan dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMK PGRI 3 Blitar diketahui bahwa penerapan pembelajaran kontekstual strategiinquiry (1) menjadikan siswa lebih aktif berani bertanya dan berpendapat dapat menjalin kerjasama dengan baik serta adanya sikap saling menghargai antar teman (2) meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 8 39% dari siklus I sebesar 77 31% menjadi 86 24% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif sebesar 37 14% dari siklus I sebesar 57 14% menjadi 94 28% pada siklus II. Sedangkan pada aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 8 65% pada siklus I mencapai rata-rata 78 28% dan pada siklus II mencapai rata-rata 86 93%. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah guru dapat menggunakan strategiinquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta siswa diharapkan berpikir aktif percaya diri berani berpendapat dan bersikap saling menghargai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28774

Actions (login required)

View Item View Item