Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X AdP pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK PGRI 1 Pasuruan) / Khalimatus Syakdiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X AdP pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK PGRI 1 Pasuruan) / Khalimatus Syakdiyah

Syakdiyah, Khalimatus (2012) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X AdP pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK PGRI 1 Pasuruan) / Khalimatus Syakdiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Cooperative Script interaksi hasil belajar. Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 1 Pasuruan menunjukan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh ceramah dan kadang-kadang diselingi dengan metode tanya jawab dan diskusi. Pembelajaran tersebut dirasa kurang efektif melatih siswa terlibat aktif dalam proses belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam hal interaksi dan hasil belajar siswa yang lebih baik melalui model pembelajaran Cooperative Script pada Melakukan Prosedur Administrasi kelas X Administrasi Perkantoran. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 1 Pasuruan yang berjumlah 29 orang. Tahap dalam penelitian ini (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi di setiap siklusnya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Script yang dilakukan dalam mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X AdP di SMK PGRI 1 Pasuruan dilakukan dengan mengadakan penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 15 22 29 Nopember dan 6 Desember 2011 mnghasilkan data melalui pengamatan penilaian kemampuan mengajar pada siklus I mencapai 98 33% dan pada siklus II mencapai 98 33% 2) Interaksi siswa kelas X AdP di SMK PGRI 1 Pasuruan pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi mengalami peningkatan. Dibuktikan adanya peningkatan rata-rata hasil pengamatan interaksi siklus I sebesar 76 035% menjadi 88 845% pada siklus II 3) Hasil belajar siswa terdapat peningkatan juga dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar pre test siklus I sebesar 55 89 menjadi 80 34 pada post testnya. Begitu juga pada siklus II terjadi peningkatan dari rata-rata pre test sebesar 69 20 menjadi 80 55 pada post testnya. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Script karena melatih siswa dalam berpikir aktif dan terampil dalam mengungkapkan pendapatnya sehingga dapat meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28764

Actions (login required)

View Item View Item