Purnomo, Juli (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry dan questioning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APk) SMK PGRI 2 Kediri) / Juli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran kontekstual metode inquiry metode questioning aktivitas hasil belajar siswa Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting demi kemajuan Sumber Daya Manusia.Kualitas SDM sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan. Pendidikan yang baik juga akan menghasilkan SDM yang berkualitas tinggi sehingga nantinya kelak akan mampu bersaing dalam menunjang dunia kerja serta karirnya. Pemilihan strategi dalam penerapan pembelajaran juga sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar-mengajar di kelas. Oleh karena itu diperlukan pembaharuan dalam pendidikan yaitu yang tidak mengharuskan siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuan yang ada pada diri siswa sendiri. Dengan pembelajaran Kontekstual siswa bukan hanya mengetahui apa yang dipelajari tetapi siswa juga akan mengalami apa yang dipelajari sehingga belajar siswa lebih bermakna. Dalam metode belajar ini siswa dituntut untuk lebih belajar mandiri dan guru hanya sebagai fasilitator. Metode Inquiry dan Questioning merupakan bagian atau komponen inti dari pelaksanaan metode pembelajaran kontekstual. Dalam metode ini siswa belajar menemukan sesuatu dan mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah dengan cara atau melalui pertanyaan baik kepada guru maupun kepada sesama teman. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry dan questioning pada siswa kelas X APk 1 SMK PGRI 2 Kediri Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi 2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry dan questioning pada siswa kelas X APk 1 SMK PGRI 2 Kediri Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry dan questioning pada siswa kelas X APk 1 SMK PGRI 2 Kediri Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi 4) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat serta solusi ketika menerapkan pembelajaran kontekstual metode inquiry dan questioning di SMK PGRI 2 Kediri pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi 4) Mendeskripsikan respon siswa 2 dengan adanya penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry dan questioning pada siswa kelas X APk 1 SMK PGRI 2 Kediri Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APk SMK PGRI 2 Kediri tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 48 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis. Dari hasil analisis data dan refleksi dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Kontekstual Metode Inquiry dan Questioning yang diterapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai post test pada sebelum pelaksanaan pembelajaran Kontekstual pada Siklus I diperoleh rata-rata nilai 70 54 dan Siklus II diperoleh nilai rata-rata 84 17 serta adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sebesar 83 76% meningkat menjadi 88 65%. Selain itu hasil aspek afektif juga mengalami peningkatan yang mana dari siklus I sebesar 85 04% menjadi 87 64% pada siklus II. Disamping itu indikator lain adalah siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dan dalam menjawab pertanyaan memberikan tanggapan serta sanggahan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual metode Inquiry dan Questioning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X APk 1 SMK PGRI 2 Kediri. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Bagi guru SMK PGRI 2 Kediri khususnya guru mata Melakukan Prosedur Administrasi diharapkan dapat menerapkan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran yaitu dengan pembelajaran Kontekstual Metode Inquiry dan Questioning sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa 2) Siswa hendaknya dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan 3) Bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran Kontekstual Metode Inquiry dan Questioning bukan hanya pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |