Fatmawati, Nurlaily (2011) Penerapan model pembelajaran role-playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (studi pada SMK Muhammadiyah 2 Malang kelas XI APK) / Nurlaily Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci penerapan model role playing hasil belajar. Pembelajaran yang efektif adalah yang berpusat pada siswa yaitu siswa sebagai subyek pembelajaran yang harus aktif kreatif dan mampu berpikir kritis dalam hal ini peran guru sebagai pembimbing dan fasilitator. Guru memiliki peranan penting artinya selain sebagai pembimbing dan fasilitator bagi siswa guru juga harus bertindak secara professional. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa seorang guru diwajibkan bisa menampilkan mata pelajaran yang tidak membosankan. Guru dapat menerapkaan sistem pengajaran menggunakan metode-metode yang menarik.Salah satu metode yang dapat mengarahkan kepada siswa untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung adalah metode pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif lebih mengarah pada siswa untuk lebih aktif interaktif inspiratif dan menyenangkan untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran kooperatif mempunyai banyak model pembelajaran salah satunya adalah model role playing (bermain peran). Bermain peran sebagai suatu model pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) di dalam dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Artinya melalui bermain peran siswa belajar menggunakan konsep peran menyadari adanya peran-peran yang berbeda dan memikirkan perilaku dirinya dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model role playing untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan. Sebagai subyek penelitian yaitu siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan (obsevasi) serta tahap analisis dan refleksi. Hasil belajar terdiri dari aspek kognitif dengan menganalisis hasil pre tes dan post tes setiap siklus. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor dianalisis dengan menghitung persentase frekuensi setiap indikator yang muncul. Ketentuan nilai batas minimum ketuntasan belajar siswa untuk mata pelajaran produktif adalah 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif kerena guru telah melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik dimana skor rata-rata total yang diperoleh guru pada siklus I sebesar 76 5% meningkat pada siklus II sebasar 95 8%. Persentase keaktifan siswa meningkat pada siklus I sebesar 40 3% menjadi 90 4% di siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada aspek kognitif persentase ketuntasan belajar siswa pada post tes meningkat di siklus I sebesar 74 5 menjadi 79 1 di siklus II. Pada aspek afektif nilai rata-rata meningkat di siklus I sebesar 86 menjadi 97 2 di siklus II dan dikatakan tuntas. Sedangkan hasil belajar psikomotor juga meningkat di siklus I sebesar 70 5 menjadi 92 3 di siklus II dan dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah pertama bagi sekolah yaitu perlu adanya literatur mengenai mata pelajaran mengelola sistem kearsipan yang lebih lengkap guna kelancaran proses belajar mengajar. Kedua bagi guru yaitu pembelajaran dengan model bermain peran (role playing) dapat dijadikan alternatif pilihan dalam praktek pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ketiga bagi peserta didik yaitu perlu adanya keberanian dan motivasi yang tinggi untuk terus melakukan komunikasi di depan umum atau di depan kelas ketika sedang mengemukakan pendapat atau ide. Keempat bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan penerapan model bermain peran (role playing) dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |