Fadrianingsih, Farida (2011) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Farida Fadrianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning Hasil Belajar. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered) dan siswa kurang begitu aktif dikelas hanya menerima informasi dari guru saja. Guru dalam menyampaikan materi pelajaran hanya terbatas pada buku atau modul di sekolah saja dan kurang menarik perhatian siswa untuk berperan aktif di dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian membuat siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran serta kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang monoton. Masalah ini pada akhirnya berdampak negatif pada prestasi belajar siswa di sekolah. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan salah satunya adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar motivasi belajar siswa meningkat sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X APK SMK PGRI Malang 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang pada mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan setelah menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) 3) Mengetahui apa saja hambatan-hambatan sekaligus solusinya dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang 4) Mengetahui respon siswa serta tanggapan guru mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X APK SMK PGRI 6 Malang terhadap proses pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 48 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan di kelas X APK SMK PGRI 6 Malang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Selain itu penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan di kelas X APK SMK PGRI 6 Malang juga mendapat respon sangat positif dari siswa. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Bagi guru SMK PGRI 6 Malang khususnya guru mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran seperti model Problem Based Learning (PBL) sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa 2) Siswa hendaknya dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan 3) Bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah bukan hanya pada mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan. Misalnya pada mata pelajaran Prinsip-prinsip administrasi perkantoran dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |