Mufidah, Nur (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi kasus siswa Administrasi Perkantoran kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran) / Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mufidah Nur. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Administrasi Perkantoran Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. (II) Drs. Agus Hermawan M.Si. M.Bus. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Motivasi Belajar Hasil Belajar Kualitas suatu bangsa ditentukan oleh faktor pendidikan. Pendidikan memegang peranan penting untuk mencetak kualitas pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Dengan pendidikan maka akan dapat mencetak sumber daya manusia (SDM) yang cerdas unggul kreatif dan inovatif. Oleh karena itu upaya peningkatan mutu pendidikan harus terus dilakukan agar tercipta SDM yang berkualitas yang mampu menaikkan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Pendidikan merupakan bidang yang sangat penting bagi segi kehidupan manusia. Seperti halnya dari tujuan pendidikan nasional itu sendiri adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan kesehatan jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab bermasyarakat dan berbangsa. Dengan adanya manusia yang berpendidikan dan cerdas akan dapat mewujudkan negara yang maju tangguh dan berkualitas. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan salah satunya adalah dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif model Jigsaw yang dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan Pembelajaran Kooperatif model Jigsaw agar motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitan ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa Administrasi Perkantoran Kelas X Mata pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang. 2) Untuk mengetahui pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Administrasi Perkantoran Kelas X Mata pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang. 3) Untuk mengatahui pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa Administrasi Perkantoran Kelas X Mata pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang. 4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model jigsaw siswa Administrasi Perkantoran kelas X Mata pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 33 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan palaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran di kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Selain itu penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran di kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang juga mendapat respon sangat positif dari siswa. Saran yang direkomendasikan terkait dengan penelitian ini adalah 1) Bagi guru SMK Muhammadiyah 2 Malang khususnya guru Mata Pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelanggaraan Administrasi Perkantoran diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran seperti model Jigsaw sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi balajar dan hasil belajar siswa 2) Siswa hendaknya dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar 3) Bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw bukan hanya pada mata pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |