Pengaruh gaya kepemimpinan dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus kelas XII SMK Negeri 1 Sumenep pada mata pelajaran berkomunikasi melalui telepon) / R. Rina Noerfita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kepemimpinan dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus kelas XII SMK Negeri 1 Sumenep pada mata pelajaran berkomunikasi melalui telepon) / R. Rina Noerfita Sari

Sari, R. Rina Noerfita (2010) Pengaruh gaya kepemimpinan dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus kelas XII SMK Negeri 1 Sumenep pada mata pelajaran berkomunikasi melalui telepon) / R. Rina Noerfita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari R.Rina Noerfita. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas XII SMK Negeri 1 Sumenep pada mata pelajaran Berkomunikasi Melalui Telepon). Skripsi Jurusan Manajemen S1 Pendidikan Adminstrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (II) Imam Bukhori S.Pd M.M Kata Kunci Gaya Kepemimpinan Kreativitas Guru Prestasi belajar Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan kebudayaan dan kemajuan suatu bangsa. Pendidikan dapat pula disebut sebagai kunci kemajuan dan keberhasilan. Di samping itu seiring dengan kemajuan di kalangan industri/dunia kerja maka kebutuhan akan sumber daya manusia semakin meningkat dalam hal kapasitas dan kapabilitas. Kondisi ini menuntut sekolah untuk mampu mengembangkan program sekolahnya agar dapat mencapai peningkatan mutu tamatan. Guru dipandang sebagai faktor kunci karena ia yang berinteraksi secara langsung dengan anak didiknya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Para guru diberikan tanggung jawab yang lebih untuk peningkatan pengajaran dan kreatifitas di dalam kelas. Salah satu keberhasilan sekolah yang dinilai masyarakat adalah prestasi yang dicapai siswa setiap tahun. Sekolah yang dinilai baik dan dianggap berkualitas bila siswa mempunyai prestasi yang tinggi. Sehingga salah satu penunjang keberhasilan pendidikan adalah tenaga guru yang kompeten dan professional. Sekolah dan guru merupakan dua hal yang saling membutuhkan. Jika guru berhasil membawa kemajuan bagi sekolah keuntungan yang diperoleh akan dipetik oleh kedua belah pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara (1) gaya kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar siswa (2) kreatifitas guru terhadap prestasi belajar siswa (3) gaya kepemimpinan guru dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa secara bersama-sama. Populasi yang dipilih adalah semua siswa kelas XII sebanyak 92 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling dengan sampel sebanyak 75 responden dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan guru secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Sumenep. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas guru secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Sumenep. (3) Terdapat Pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan dan kreativitas secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Sumenep. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Guru sebaiknya menerapkan kepemimpinan yang situasional yang memusatkan perhatian pada kondisi para siswanya. Karena guru yang efektif adalah fleksibel memilih perilaku kepemimpinan yang diperlukan 4 dalam waktu dan situasi tertentu. Sehingga gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh guru akan tepat dan efektif. Guru juga perlu meningkatkan kerjasama yang baik dengan siswanya. Selain itu kreativitas guru saat di kelas juga perlu ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan mencapai prestasi yang baik. (2) Peneliti selanjutnya dapat menambah variabel selain gaya kepemimpinan dan kreativitas seperti kebiasaan belajar fasilitas belajar. Serta peneliti lanjutan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas dan keefektifan proses belajar mengajar serta peningkatan prestasi belajar siswa dengan obyek penelitian yang lebih luas. (3) Selain guru yang menerapkan gaya kepemimpinan sesuai dengan karakter masing-masing siswa sebaiknya siswa juga mengikuti gaya kepemimpinan guru mata pelajaran karena dengan begitu siswa bisa mengikuti kemauan dari guru tersebut demi kelancaran proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28705

Actions (login required)

View Item View Item