Pratama, Dirgia Purma (2022) Pengaruh fasilitas belajar, lingkungan belajar, dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan (studi kasus pada siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung) / Dirgia Purma Pratama</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pratama P. Dirgia. 2022. Pengaruh Fasilitas Belajar Lingkungan Belajar dan Variasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada Siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung).Skripsi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S. Si. M.M. Kata Kunci Fasilitas Belajar Lingkungan Belajar Variasi Mengajar Prestasi Belajar Prestasi Belajar adalah hasil usaha akhir yang didapatkan siswa di akhir semester yang di wujudkan dengan nilai kemudian diambil nilai rata-rata untuk melihat prestasi belajar siswa dalam satu semester yang kemudian hasil tes tersebut merupakan sebuah nilai yang di susun menjadi suatu data dan di kemas dalam sebuah buku yang biasa di sebut dengan raport. Hasil atau nilai prestasi belajar dalam penelitian ini adalah nilai mata pelajaran kewirausahan melalui pengisian kuesioner yang bersumber dari raport masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi Fasilitas Belajar Lingkungan Belajar dan Variasi Mengajar (2) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar (3) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar (4) Pengaruh Variasi Mengajar terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis menggunakan analisis regresi berganda. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung Jursan Bisnis Daring dan Pemasaran dengan pengambilan sampel sebanyak 100 siswa. Penelitian ini menggunakan hipotesis Uji t. Fasilitas belajar akan sangat membantu siswa untuk melakukan suatu kegiatan yang positif dan dapat mencapai prestasi belajar yang akan dicapai dengan baik. Apabila ia memiliki lingkungan belajar yang baik dan mendukung maka lingkungan berperan dalam memberikan lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk belajar menentukan tujuan belajar siswa menentukan kendali terhadap rangsangan belajar. Variasi mengajar juga menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi prestasi belajar siswa . semakin banyak bentuk variasi yang dimiliki guru untuk mengajar siswa maka siswa juga akan lebih cepat untuk memahami materi yang disampaikan. Variasi tidak hanya gaya mengajar namun juga berupa perangkat pembelajaran yang digunakan guru untuk mendukung gaya mengajar yang dilakukan oleh guru. Saran untuk peneliti selanjutnya hendaknya mampu memperluas variabel sebuah penelitian yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi pihak-pihak terkait untuk merumuskan cara membentuk prestasi belajar siswa lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/287030 |
Actions (login required)
View Item |