Endraswara, Ranneke (2010) Penerapan media pembelajaran electronic learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kearsipan pada siswa APK kelas X SMK Patriot Jombang / Ranneke Endraswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Endraswara Ranneke. 2009. Penerapan media pembelajaran Electronic Learnig Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Pada Siswa APK Kelas X SMK Patriot Jombang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M (II) Drs. I Nyoman Saputra M.Si. Kata Kunci electronic learning hasil belajar. Electronic Learning dalam dunia pendidikan saat ini sangat dibutuhkan hal ini dapat membantu siswa untuk lebih bersemangat dan termotivasi dalam menerima materi yang diberikan oleh guru. Alasan utama pendayagunaan teknologi dalam pembelajaran ialah menyiapkan dan membekali peserta didik agar dapat mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien pada era globalisasi. Penerapan media pembelajaran Electronic Learning ini dilakukan di SMK Patriot Jombang pada kelas X APK yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini guna melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran Electronic Learning. Penelitian ini dilakukan di SMK Patriot Jombang Tanggal 31 Oktober 2009 sampai tanggal 14 November 2009. Penelitian mengenai Penerapan Media Pembelajaran E Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan ini menggunakan pendekatan Kualitatif . Hal ini karena semua fakta baik secara lisan maupun tulisan berasal dari sumber data yang berupa manusia yang telah diamati catatan lapangan dokumen pribadi dan dokumen terkait lainnya yang kemudian dideskripsikan sesuai dengan aslinya dan kemudian dikaji untuk menemukan makna temuan yang diperoleh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan media pembelajaran Electronic Learnig siswa mengalami peningkatan hasil belajar baik dilihat dari ranah kognitif dan ranah afektif. Hasil belajar ranah kognitif ketuntasan belajar mencapai 95% sedangkan ranah afektif mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini Penerapan media pembelajaran electronic learning sangat membantu guru menyampaikan materi dan membantu siswa untuk memahami materi dan juga memberi motivasi siswa dalam belajar sehingga bagi guru guru di SMK Patriot Jombang disarankan untuk menggunakan media pembelajaran saat mengajar dan SMK Patriot Jombang hendaknya lebih memperhatikan fasilitasfasilitas disekolah agar guru dan siswa lebih maksimal dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |