Widyaningrum, Santi (2010) Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengetik manual (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 1 Malang) / Santi Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widyaningrum Santi. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengetik Manual (Studi pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (2) Imam Bukhori S.Pd M.M. Kata Kunci Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa termasuk kebiasaan belajar dan motivasi belajar Siswa yang memiliki suatu kebiasaan belajar yang dilaksanakan secara teratur dan berkesinambungan akan dapat membantu penguasaan siswa terhadap mata pelajaran. Motivasi belajar termasuk faktor internal yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang diartikan sebagai keadaan pribadi belajar dan mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran Mengetik Manual Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII di SMK Ardjuna 01 Malang. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Mengetik Manual Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII di SMK Ardjuna 01 Malang. (3) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Mengetik Manual Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII di SMK Ardjuna 01 Malang. (4) Untuk mengetahui pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar secara parsial siswa pada mata pelajaran Mengetik Manual Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII di SMK Ardjuna 01 Malang. (5) Untuk mengetahui pengaru antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar secara parsial siswa pada mata pelajaran Mengetik Manual Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII di SMK Ardjuna 01 Malang. (6) Untuk mengetahui pengaruh antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar secara simultan siswa pada mata pelajaran Mengetik Manual Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII di SMK Ardjuna 01 Malang. Variabel independen penelitian ini terdiri dari kebiasaan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2). Sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 36 siswa dan merupakan penelitian populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert dengan 5 opsi jawaban. Untuk menguji kelayakan instrument digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan SPSS 16 for Windows. iii iv Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kebiasaan Belajar (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y) dengan nilai signifikansi 0 019 dengan taraf signifikansi ( 945 0 05) dan nilai Standardized Coefficient B 0 344 (positif). (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai signifikansi 0 001 dengan taraf signifikansi ( 945 0 05) dan nilai Standardized Coefficient B 0 489 (positif). (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kebiasaan Belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) sterhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa (Y) secara simultan dengan nilai F 0 000 dan nilai R 0 729 (positif). (4) Sumbangan Efektif (SE) kebiasaan belajar (X1) adalah sebesar 20 5% dan motivasi belajar (X2) adalah sebesar 32 6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persentase Sumbangan Efektif variabel motivasi belajar (X2) lebih besar daripada Sumbangan Efektif variabel kebiasaan belajar (X1). Sehingga variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengetik Manual (Studi Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang). Berdasarkan penelitian yang dilakukan diharapkan siswa bisa meningkatkan lagi motivasi belajarnya. Peran dari berbagai pihak sangat diperlukan baik dari diri siswa itu sendiri dari orang tua siswa dan dari guru. Dan peran dari kesemuanya itu hendaknya bisa berjalan beriringan tidak sendiri-sendiri. Peran dari orang tua apabila tidak diiringi adanya kemauan dari siswa itu sendiri juga tidak akan bisa begitu juga sebaliknya. Kebiasaan belajar siswa hendaknya juga lebih ditingkatkan lagi supaya keberhasilan siswa dalam belajar juga meningkat di sini guru bisa menjadi motivator bagi siswa di sekolah sedangkan orang tua hendaknya bisa menjadi teman siswa dalam belajar di rumah sehingga kesulitan belajar siswa bisa sedikit teratasi apabila orang tua mendampingi dan mengawasi siswa ketika belajar di rumah. Selain itu fasilitas belajar siswa di rumah dan di sekolah juga harus lebih diperhatikan lagi karena dengan adanya kelengkapan belajar tersebut siswa juga akan lebih termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu peran antara siswa orang tua dan guru di sini sangat diperlukan demi tercapainya keberhasilan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |