Yuniarti (2010) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK-1 SMK Negeri 3 Balikpapan / Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuniarti. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APK-1 SMK Negeri 3 Balikpapan. Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (2) Imam Bukhori S.Pd M.M. Kata kunci role playing hasil belajar. Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar dengan menggunakan sarana belajar dan metode maupun model pembelajaran. Dimana dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat diharapkan terdapatnya kualitas pembelajaran dan hasil belajar yang seimbang pula. Model pembelajaran role playing merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan di kelas dengan harapan kualitas pembelajaran dan hasil belajar dapat meningkat. Dalam pembelajaran ini siswa ikut berperan aktif dan dapat mengetahui secara langsung bagaimana aplikasi dari mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa untuk memecahkan persoalan kritis dan melakukan observasi serta menarik kesimpulan dalam kehidupan jangka panjangnya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema yang berkaitan dengan model pembelajaran dengan maksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan dimana pelajaran ini membutuhkan keterampilan dan saling berkaitan dengan keterampilan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Ada 3 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran model role playing 2) hasil belajar peserta didik 3) respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Balikpapan. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X program studi administrasi perkantoran yang berjumlah 44 orang (43 putri dan 1 putra) penelitian ini dilakukan pada 24 September 2008 hingga 17 Oktober 2008. Analisis data yang digunakan dengan model alur yang meliputi tahap mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dengan menggunakan instrument penelitian yaitu pedoman wawancara lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran model role playing ini terdiri dari 6 tahap yaitu (a) menghangatkan suasana dan memotivasi peserta didik (b) diskusi (c) pemeranan (d) evaluasi pemeranan (e) pemberian tugas individu (f) tes akhir siklus 2) hasil belajar peserta didik denagn menerapkan metode pembelajaran role playing menunjukkan hasil yang positif terlihat dari peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II baik dari segi aktivitas dan hasil pembelajaran. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui dengan meningkatnya skor hasil belajar klasikal yaitu pada siklus I mencapai 65 91% sedangkan pada siklus II yaitu 77 27% 3) respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran role playing dimana siswa pada aspek kebermaknaan terdapat 24 siswa yang menyatakan sangat setuju dengan persentase 54 54% artinya pembelajaran yang bermakna lebih berarti bagi peserta didik karena kegiatan belajar yang dilakukan bermanfaat bagi kehidupannya. Oleh karena itu pelaksanaan penelitian dengan tema yang sama dan subjek penelitian yang berbeda sangat memungkinkan dilakukan sebagai upaya mendukung inovasi pembelajaran. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi sekolah hendaknya fasilitas dan sarana prasarana seperti laboratorium perkantoran ruang praktek dapat diperbaiki dan lebih dilengkapi (2) bagi guru bidang studi SMK Negeri 3 Balikpapan dianjurkan untuk menggunakan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa (3) bagi siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas sehingga akan memudahkan guru dalam memulai pelajaran hal ini juga dapat menghemat waktu (4) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran role playing pada pengajaran bidang studi lainnya dan di tempat yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |