Kamaini, Heru (2010) Implementasi metode pembelajaran kontekstual strategi inquiry dan questioning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jurusan Administrasi Perkantoran pada mata diklat mengatur pertemuan rapat di SMK Muhammadiyah 03 Singosari / Heru Kamaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kamaini Heru. 2008. Implementasi Metode Pembelajaran Kontekstual Strategi Inquiry Dan Questioning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Menagtur Pertemuan Rapat Di SMK Muhammadiyah 03 Singosari. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarbini (2) Imam Bukhori S.Pd. M.M. Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Strategi Inquiry dan Questioning Hasil Belajar Menghadapi tata dunia global yang saling bartautan antara satu Negara dengan Negara lainnya diperlukan suatu perubahan secara menyeluruh terutama di bidang pendidikan serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja karena pendidikan adalah kehidupan itu sendiri dalam peradaban manusia. Warna dari perubahan itu berawal dari proses pendidikan yang di dalamnya ada kegiatan tranformatif berupa belajar mengajar kegiatan ini bertujuan dapat membekali peserta didik berinteraksi dengan lingkungan kehidupannya. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum merupakan salah satu program pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat bangsa dalam penguasaan ilmu dan teknologi. Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengkaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Strategi ini lebih mementingkan hasil belajardari pada proses. Pendekatan kontekstual dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam suatu siatuasi. Guru sebagai salah satu subyek penelitian yang berinteraksi langsung dan bersifat kontinuitas dengan peserta didik maka guru bertanggung jawab dalam mensukseskan pendidikan dalam konteks meningkatkan kualitas pesert didik. Sebagai upaya menuju meningkatkan kualitas peserta didik guru berkompeten memilih metode dan model pembelajaran karena hal tersebut berimplikasi pada proses kegiatan belajar mengajar yang selalu menuntut arah transformasi kedua belah pihak baik guru dan peserta didikmaupun penguasaan materi dan kompetensi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan dengan menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual strategi inquiry dan questioning dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebagai lokasi penelitian peneliti memilih meneliti siswa keahlihan administrasi perkantoran kelas XI APk 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Ketiga siklus tersebut di tempuh selama sembilan kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengertian rapat tujuan dan jenis-jenis rapat syarat-syarat rapat unsure-unsur dalam rapat teknik-teknik menyelenggarakan rapat identifikasi keperluan rapat dan macam-macam tata ruang rapat. Subjek penelitian ini adalah siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas XI APk 2 .di SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang terdiri dari 33 siswa dengan 5 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Data yang diperoleh meliputi pengelolaan pembelajaran guru penilaian kinerja kelompok hasil peserta didik. Prosedur pengumpulan data menggunakan lembar observasi catatan lapangan angket dan test. Pada penelitian ini dibagi menjadi lima tahap kegaiatan pertama Penyampaian dan Penjelasan Materi Berdasarkan Handout Siswa. Kedua Pembuatan Studi Kasus dan Pembentukan Kelompok-kelompok Belajar Dalam Penyelesaian Masalah. Ketiga Proses Diskusi dan Presentasi. Keempat Pembuatan Kesimpulan. Kelima Post Test. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dalam setiap siklus. Meskipun nilai individu setiap siswa ada yang meningkat dan menurun tetapi nilai seluruh siswa sudah memenuhi SKM yaitu 70. Rata-rata perbandingannya 80 33 (sebelum penerapan siklus) 84 94 (siklus I) 85 15 (siklus II) 85 16 (siklus III). Respon atas penelitian yang dilakukan tersebut juga mendapat tanggapan dari peserta didik dan guru bidang studi. Respon positif ditunjukkan oleh peserta didik dengan motivasi belajar yang sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan peserta didik mampu menguasai dan memahami materi yang dijelaskan tanpa ada rasa jenuh dan bosan karena metode pembelajaran yang digunakan membuat peserta didik lebih termotivasi dan lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Respon senang juga diungkapkan oleh guru bidang studi sekaligus observer. Karena menurut guru bidang studi dengan penerapan metode kontekstual strategi inquiry dan questioning pada mata diklat melakukan dan melaksanakan pertemuan akan menuntut siswa lebih aktif dalam belajar tanpa ada rasa jenuh dan sia-sia dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah pertama bagi guru yaitu Penggunaan model pembelajaran strategi Inquiry dan questioning dalam proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif dalam melakukan praktek belajar mengajar. Kedua bagi sekolah yaitu sarana dan prasarana (OHP) yang dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Ketiga bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran kontekstual strategi inquiry dan questioning dengan menggunakan kompetensi atau mata pelajaran lain yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |