Pengembangan e-lkpd interaktif dengan liveworksheets berbasis inkuiri terbimbing pada materi termokimia kelas xi sma / Febi Nur Afni Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd interaktif dengan liveworksheets berbasis inkuiri terbimbing pada materi termokimia kelas xi sma / Febi Nur Afni Oktavia

Oktavia, Febi Nur Afni Oktavia (2023) Pengembangan e-lkpd interaktif dengan liveworksheets berbasis inkuiri terbimbing pada materi termokimia kelas xi sma / Febi Nur Afni Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu materi dalam pelajaran kimia yang dianggap sulit oleh siswa ialah materi termokimia. Hal ini dikarenakan konsep termokimia memiliki aspek submikroskopik yang tidak terlihat oleh mata seperti pemutusan ikatan karbon-karbon dalam reaksi pembakaran untuk menghasilkan gas CO2 dan H2O sehingga untuk mempermudahkan siswa dalam mempelajari konsep materi termokimia tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran yang menarik. Tujuan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan E-LKPD interaktif menggunakan Liveworksheets berbasis inkuiri termbimbing pada materi termokimia (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa E-LKPD interaktif menggunakan Liveworksheets berbasis inkuiri termbimbing pada materi termokimia. Pengembangan ini menggunakan metode R amp D (Research and development) dengan model pengembangan oleh Thiagarajan yaitu 4D yang terdiri dari 4 tahap define (tahap pendefinisian) design (tahap perancangan) develop (tahap pengembangan) dan disseminate (tahap penyebaran). Namun hanya dilakukan hingga pada tahap pengembangan (develop) karena keterbatasan waktu dan dana. Hasil pengembangan ini berupa E-LKPD interaktif menggunakan Liveworksheets berbasis inkuiri termbimbing pada materi termokimia dengan hasil uji validasi materi sebesar 91% uji validasi media sebesar 93% dan uji keterbacaan terhadap siswa SMA Islam Al-Ma rsquo arif Singosari sebesar 90%. Hasil tersebut membuktikan bahwa produk ini dikategorikan sangat layak digunakan oleh siswa supaya lebih mudah diakses oleh siswa untuk belajar secara mandiri sehingga pengembangan ini dapat dilanjutkan pada tahap penyebaran (disseminate).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286515

Actions (login required)

View Item View Item