Purnamasari, Narulita Dian (2010) Pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun pelajaran 2008/2009) / Narulita Dian Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purnamasari Narulita Dian. 2009. Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarbini Pembimbing (II) Imam Bukhori S.Pd. M.M. Kata Kunci Lingkungan Belajar Fasilitas Belajar Prestasi Belajar Siswa Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun kehidupan bangsa. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dapat dilaksanakan melalui jalur pendidikan baik pendidikan formal informal maupun nonformal. Jalur pendidikan formal merupakan proses pendidikan yang dilaksanakan disekolah seperti pendidikan TK SD SMP SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Sedangkan jalur pendidikan informal dan nonformal merupakan proses pendidikan yang dilaksanakan diluar sekolah. Adapun salah satu pendidikan formal yang ada yaitu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki tujuan utama yakni mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja menciptakan lulusan yang terlatih terampil cakap sesuai dengan bidang keahliannya. Sekolah Menengah Kejuruan jelas membutuhkan lingkungan belajar dan fasilitas belajar yang dapat mendukung prestasi belajar peserta didik. Dengan kelengkapan fasilitas belajar dan kenyamanan lingkungan belajar baik di lingkungan keluarga maupun dilingkungan sekolah diharapkan siswa mampu mengembangkan dirinya dan mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin canggih. Sehingga kualitas prestasi belajar siswa dapat dipertanggungjawabkan dengan baik yang dihasilkan dalam bentuk nilai yaitu Raport. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Varibel penelitian ini adalah lingkungan belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket/kuisioner dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data variabel bebas yaitu lingkungan belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y) yang berupa nilai rata-rata raport semester genap tahun pelajaran 2007/2008. Data yang dipeoleh diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan lingkungan belajar fasilitas belajar dan prestasi belajar. Sedangkan analisis linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Analisis presentase dari 30 siswa menunjukkan bahwa sebesar 83 3% (25 responden) memperoleh prestasi belajar dengan kriteria lulus cukup. Untuk variabel lingkungan belajar diketahui bahwa 63 3% (19 responden) menyatakan dalam keadaan baik. Dan sebesar 60% (18 responden) menyatakan fasiltas belajar dalam keadaan baik. Analisis regresi linear berganda dengan menggunakan taraf kesalahan 10% secara parsial dapat diketahui bahwa variabel lingkungan belajar (X1) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y) karena terbukti nilai Sig-t 0 010 0 1 dan variabel fasilitas belajar (X2) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y) karena terbukti nilai Sig t 0 005 0 1. Dari uji regresi linear berganda diketahui bahwa variabel lingkungan belajar dan fasilitas belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi F sebesar 0 000 0 1 dengan nilai Fhitung 13 437 nilai koefisien regresi (R Square) 0 499. Dari hasil analisis diketahui 49 9% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan fasilitas belajar. Sedangkan sisanya 50 1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Disimpulkan bahwa variabel lingkungan belajar dan fasilitas belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun pelajaran 2008/2009. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada siswa agar lebih meningkatkan prestasi belajarnya. Sedangkan guru dan pihak sekolah disarankan sebaiknya menyediakan fasilitas belajar yang diperlukan dalam proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar disekolah yang nyaman agar siswa termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Sedangkan untuk orang tua disarankan untuk menyediakan fasilitas belajar dirumah dan juga menciptakan suasana lingkungan keluarga yang aman nyaman dan tenang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |