Nofianti, Mike Tri (2010) Pengaruh faktor motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X, SMA PGRI 1 Lumajang / Mike Tri Nofianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberhasilan belajar seorang siswa dalam menguasai pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa diantaranya motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Motivasi belajar sangat berperan dalam rangka mencapai tujuan belajar. Tanpa adanya motivasi dari dalam diri siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh maka ia tidak akan dapat mencapai tujuan belajar. Seperti halnya motivasi belajar dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik maka tercapai prestasi belajar yang diharapkan. Prestasi belajar siswa akan optimal apabila siswa memahami berbagai macam kebiasaan belajar yang dilakukan. Berdasarkan latar belakang yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa kelas X1 SMA PGRI 1 Lumajang serta menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA PGRI 1 Lumajang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskripsi korelasional. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Lumajang tahun ajaran 2007/2008. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling diperoleh sampel sebesar 45 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar tinggi. (2) kebiasaan belajar cukup baik. (3) prestasi belajar siswa cukup baik. (4) penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA PGRI 1 Lumajang. Secara simultan motivasi belajar dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA PGRI 1 Lumajang. Dari hasil penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan motivasi belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar. Saran yang diajukan adalah (1) Agar siswa lebih meningkatkan kebiasaan belajarnya dan diharapkan untuk lebih memperhatikan kebiasaan belajar yang kurang sesuai dari kebiasaan belajar di rumah dan di sekolah untuk mencapai prestasi yang lebih baik. (2) Siswa dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar dengan jalan membiasakan cara belajar yang dapat mempermudah prestasi belajar mengajar. (3) Guru hendaknya menciptakan suasana belajar mengajar yang mampu menumbuhkembangkan kegairahan belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif belajar di kelas. (4) Guru dapat selalu memotivasi membimbing mengarahkan dan memantau perkembangan siswa selama mengikuti pelajaran dengan demikian akan tercipta cara belajar dan disiplin belajar yang baik bagi siswa agar dapat memperoleh prestasi belajar yang optimal. (5) Diharapkan pada penelitian yang akan datang untuk meneliti tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar selain motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar tersebut antara lain intelegensi kesiapan minat kesehatan fasilitas belajar bimbingan orang tua keadaan ekonomi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |