Pengembangan e-module disertai tes diagnostik dan conceptual scaffolding sebagai upaya mereduksi miskonsepsi mahasiswa fisika pada topik dinamika rotasi / Alfina Rosita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module disertai tes diagnostik dan conceptual scaffolding sebagai upaya mereduksi miskonsepsi mahasiswa fisika pada topik dinamika rotasi / Alfina Rosita Dewi

Dewi, Alfina Rosita (2023) Pengembangan e-module disertai tes diagnostik dan conceptual scaffolding sebagai upaya mereduksi miskonsepsi mahasiswa fisika pada topik dinamika rotasi / Alfina Rosita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu fisika merupakan ilmu yang mempelajari mengenai sifat dan berbagai fenomena alam beserta interaksinya. Bagian dari fisika yang fundamental adalah dinamika rotasi. Akan tetapi masih ditemui miskonsepsi pada materi tersebut. Miskonsepsi dapat diidentifikasi dengan tes diagnostik dan diatasi dengan conceptual scaffolding. Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan produk berupa e-module yang disertai tes diagnostik dan conceptual scaffolding sebagai upaya mereduksi miskonsepsi mahasiswa fisika pada topik Dinamika Rotasi yang layak berdasarkan aspek validitas keterbacaan dan kepraktisan. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define design develop disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap develop dengan diujikan secara terbatas kepada 20 mahasiswa Fisika yang telah menempuh materi Dinamika Rotasi. E-module yang dikembangkan disertai dengan tes diagnostik di setiap awal kegiatan pembelajaran conceptual scaffolding pada setiap materi dengan fitur ingat dan penting pada contoh soal terdapat scaffold sebagai bantuan dalam pengerjaan soal. Penelitian ini menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan dari hasil validasi produk oleh ahli dan uji keterbacaan serta kepraktisan dilakukan oleh mahasiswa fisika yang telah menyelesaikan mata kuliah Fisika Dasar I. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil validasi materi sebesar 88 75% dan hasil validasi media sebesar 97 06% yang tergolong sangat layak. Hasil uji keterbacaan produk yang dilakukan mendapatkan hasil sebesar 91 50% dan hasil uji kepraktisan sebesar 82 50% yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Saran pengembangan berikutnya agar e-module dapat dilakukan uji lebih lanjut apakah dapat memperbaiki miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:29
Last Modified: 04 Dec 2023 06:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286182

Actions (login required)

View Item View Item