Pengembangan e-modul dengan pendekatan stem terintegrasi laboratorium virtual pada materi fluida dinamis sebagai peluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Nely Qurrota A\'yuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul dengan pendekatan stem terintegrasi laboratorium virtual pada materi fluida dinamis sebagai peluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Nely Qurrota A\'yuni

A'yuni, Nely Qurrota A'yuni (2023) Pengembangan e-modul dengan pendekatan stem terintegrasi laboratorium virtual pada materi fluida dinamis sebagai peluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Nely Qurrota A\'yuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji validasi dan uji coba terbatas e-modul dengan pendekatan STEM pada materi fluida dinamis terintegrasi laboratorium virtual sebagai peluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D sampai pada tahap ketiga yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data uji validasi yakni angket validasi materi serta angket validasi media. Instrumen yang digunakan pada uji coba terbatas yakni angket keterbacaan dan kepraktisan. Data kuantitaif diperoleh melalui angket validasi dan respon peserta didik menggunakan skala likert 1-4. Data kualitatif diperoleh melalui komentar dan saran dari validator. Data kuantitatif dianalisis memakai persentase sedangkan data kualitatif dianalisis memakai analisis deskriptif. Uji validasi dilakukan oleh dosen fisika Universitas Negeri Malang sedangkan uji coba terbatas dilakukan oleh 27 orang peserta didik SMA kelas XI. Hasil validasi materi memperoleh persentase sebesar 90 00% dan hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 89 58%. Hasilnya uji keterbacaan diperoleh persentase sebesar 88 19% yang dikategorikan sangat baik dan pada uji kepraktisan diperoleh persentase sebesar 89 51% yang dikategorikan sangat praktis. Untuk penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk melanjutkan penelitian hingga tahap disseminate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286179

Actions (login required)

View Item View Item