Adam, Mukhammad Ibnu Adam (2023) Pengembangan e-book dilengkapi scaffolding yang berpotensi meningkatkan kemampuan pemecahan soal hots mahasiswa pada materi fluida dinamis / MUKHAMMAD IBNU ADAM. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menguji kelayakan e-book dilengkapi scaffolding yang berpotensi meningkatkan kemampuan pemecahan soal HOTS mahasiswa pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE diantaranya Analyze Design Developments Implementation and Evaluate namun penelitian ini hanya sampai tahap Development. Data penelitian berupa kuantitatif dan kualitatif dengan Data kuantitatif didapatkan dari nilai uji validasi uji kepraktisan dan uji keterbacaan sedangkan Data kualitatif didapatkan dari angket analisis kebutuhan serta komentar atau saran dari validator ahli dan responden mahasiswa calon pengguna e-book. Uji validasi produk melibatkan dua dosen fisika Universitas Negeri Malang sedangkan uji kepraktisan dan uji keterbacaan melibatkan 26 responden mahasiswa departemen fisika Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1. E-book yang dikembangkan mengintegrasikan scaffolding dengan soal HOTS di setiap bab-nya. Scaffolding diintegrasikan dalam bentuk petunjuk dan peringatan berupa peta konsep di bagian pendahuluan contoh soal dan contoh soal HOTS beserta pembahasannya dengan tahapan pemecahan masalah Doctor-Heller note di setiap bagian penting terkait konsep materi. Soal HOTS tertuang pada contoh soal latihan soal dan soal evaluasi dengan tingkat analsis evaluasi dan mencipta. Dengan menggunakan analisis rata-rata persentase uji validasi didapatkan hasil validasi konten sebesar 94% dan validasi konstruksi sebesar 97% yang menunjukkan berbagai aspek dan konten dalam produk tergolong sangat layak. Pada uji kepraktisan didapatkan persentase rata-rata sebesar 91% sehingga produk dalam kriteria sangat praktis sedangkan pada uji keterbacaan didapatkan persentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat terbaca atau materi di dalamnya mudah dipahami. Dengan demikian shy e-book dapat diuji efektivitas lebih lanjut pada penelitian berikutnya sebagai bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (HOTS) mahasiswa pada materi fluida dinamis. Saran pengembangan berikutnya e-book dapat ditingkatkan lagi agar dapat digunakan di semua platform digital selain windows Macbook dan beberapa Ios saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |