Pengembangan e-module berbasis POE dengan pendekatan multirepresentasi pada topik kinematika satu dimensi sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis / Cahyani Intan Ramadani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis POE dengan pendekatan multirepresentasi pada topik kinematika satu dimensi sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis / Cahyani Intan Ramadani</p>

Ramadani, Cahyani Intan (2023) Pengembangan e-module berbasis POE dengan pendekatan multirepresentasi pada topik kinematika satu dimensi sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis / Cahyani Intan Ramadani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kevalidan e-module berbasis POE dengan pendekatan multirepresentasi pada topik kinematika satu dimensi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define Design Development Desseminate). Dalam mengembangkan e-module hanya sampai tahap pengembangan (Development). Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media angket uji keterbacaan dan angket uji kepraktisan. Subjek penelitian yaitu 16 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika yang sudah menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Validasi materi dan media dilakukan oleh dua dosen jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk berupa e-module kinematika satu dimensi sebagai bahan belajar mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Diperoleh hasil uji validasi materi 94 41% dan hasil validasi media 94 33% dengan kategori sangat valid. Tingkat keterbacaan e-module sangat baik dengan persentase sebesar 91 33%. E-module dinilai sangat praktis dengan persentase uji kepraktisan sebesar 90 26%. E-module yang dikembangkan memiliki kelemahan yaitu hanya mencakup 4 dari 5 aspek berpikir kritis. Oleh karena itu diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan e-module dengan menambahkan aspek berpikir kritis memperkirakan dan menggabungkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286160

Actions (login required)

View Item View Item