Efektivitas asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi gerak harmonis sederhana / Ivan Danar Aditya Irawan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi gerak harmonis sederhana / Ivan Danar Aditya Irawan</p>

Irawan, Ivan Danar Aditya (2023) Efektivitas asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi gerak harmonis sederhana / Ivan Danar Aditya Irawan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi Gerak Harmonis Sederhana. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Responden diberikan soal pretest dan posttest menggunakan instrumen berbentuk four tier diagnostic test. Sampel dipilih dengan simple random sampling sebanyak 33 peserta didik kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Singosari. Perlakuan dilakukan dengan memberikan asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback menggunakan powerpoint. Analisis uji McNemar menunjukkan 13 indikator memiliki p-value lt 0 05 maka Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara miskonsepsi peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback. Indikator nomor 10 memiliki p-value 0 250 ( ge 0 05) maka H0 diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan signifikan antara miskonsepsi peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback. Analisis DQM menunjukkan terjadi penurunan miskonsepsi dengan rata-rata efektivitas 92% pada kategori tinggi. Uji Wilcoxon didapatkan p value 0 000 ( lt 0 05) sehingga Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara konsepsi peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan antara miskonsepsi peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan asesmen formatif berbasis soal isomorfik disertai feedback. berbantuan powerpoint dengan efektivitas penurunan miskonsepsi pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286152

Actions (login required)

View Item View Item