Pengembangan media pembelajaran matematika &ldquo;simpli&rdquo; pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 3 sS</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika &ldquo;simpli&rdquo; pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 3 sS</p>

Fikradhana, Rama Derian Fikradhana (2023) Pengembangan media pembelajaran matematika &ldquo;simpli&rdquo; pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 3 sS</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R amp D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis Design Development Implement Evaluate) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Singosari dengan melibatkan siswa kelas VIII sebanyak 34 siswa sebagai subjek uji coba. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain media pembelajaran (aplikasi) lembar validasi soal tes dan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pemberian angket dan tes kepada siswa. Analisis data penelitian meliputi rekapitulasi data kevalidan media kevalidan angket respon siswa dan soal tes. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang bernama ldquo SIMPLI rdquo yang dapat digunakan pada smartphone android dengan sistem operasi di atas versi 8.0. Perhitungan data validitas sebesar 83% untuk kevalidan media dan 77% untuk kevalidan materi. Perhitungan data kepraktisan sebesar 81%. Serta untuk keefektifan didapatkan nilai rata-rata 87 yang termasuk di atas KKM serta ketuntasan klasikal 85% siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan media pembelajaran SIMPLI memenuhi kriteria valid praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa SMP Negeri 3 Singsosari pada materi relasi dan fungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285930

Actions (login required)

View Item View Item