Yeyen Amalia Windawati (2010) Implementasi pembelajaran kontekstual strategi inquiri dan questioning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat melakukan administrasi (studi kasus siswa kelas I Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN I Pamekasan Madura) / Yeyen Amalia Winda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Windawati Yeyen Amalia. 2007. Implementasi Pembelajaran Kontekstual Strategi Inquiri Dan Questioning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Kelas I Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri I Pamekasan-Madura. Skripsi Jurusan Manajemen Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarbini (2) Drs. Moh. Arief M. Si Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Strategi Inquiri dan Questioning dan Hasil Belajar Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan. Peran pendidikan yaitu untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Pemilihan strategi dalam penerapan pembelajaran juga sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu diperlukan pembaharuan dalam pendidikan yaitu yang tidak mengharuskan siswa untuk menghafal tetapi mendorong siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuan yang ada pada diri siswa sendiri. Menghadapi pembaharuan tersebut pemerintah menerapkan kurikulum baru yang diharapkan akan lebih efektif yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). KBK memiliki pendekatan yang diharapkan dapat menghidupkan kelas yaitu metode pembelajaran kontekstual. Dengan pembelajaran kontekstual siswa bukan hanya mengetahui apa yang dipelajari tetapi siswa juga akan mengalami apa yang dipelajari sehingga belajar siswa lebih bermakna. Dalam metode belajar ini siswa dituntut untuk lebih belajar mandiri dan guru hanya sebagai fasilitator. Strategi inquiri dan questioning merupakan bagian atau komponen inti dari pelaksanaan metode pembelajaran kontekstual. Dalam strategi ini siswa belajar menemukan sesuatu dan mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah dengan cara atau melalui pertanyaan baik kepada guru maupun kepada sesame teman. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi dan observasi di kelas I Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri I Pamekasan-Madura diketahui bahwa siswa cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi. Selain itu interaksi belajar siswa kurang serta siswa tidak dapat belajar mandiri yaitu dalam proses belajar mengajar siswa hanya mencatat dan hanya sebagian kecil siswa yang berani bertanya atau menjawab pertanyaan. Hal tersebut merupakan faktor yang menyebabkan guru mata diklat masih menggunakan metode pembelajaran campuran yaitu konvensional dan kontekstual tetapi yang dalam pelaksanaannya masih cenderung menggunakan konvensional (ceramah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran kontekstual dengan strategi inquiri dan questioning untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas I jurusan Administrasi SMK Negeri I Pamekasan-Madura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus kegiatan. Kegiatan pada siklus I berupa memilih 2 siswa yang dianggap menguasi materi dan memiliki prestasi untuk menjadi moderator dan penyaji dalam diskusi kelas dalam kegiatan ini juga diberikan tes evaluasi diakhir siklus. Sumber data berasal dari siswa kelas I Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN I Pamekasan-Madura dan guru mata diklat. Kegiatan pada siklus II merupakan pengulangan dari siklus I dengan melihat refleksi yang ada. Tetapi pada siklus II ini diskusi dilaksanakan dengan membagi 6 kelompok. Pada kedua siklus ini juga dilaksanakan pratikum yaitu mengagendakan surat keluar dan surat masuk dengan menggunakan buku agenda dan kartu kendali. Kehadiran peneliti sebagai guru dan pengamat. Dari hasil analisis data dan refleksi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kontekstual strategi inquiri dan questioning yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai post test pada sebelum pelaksanaan metode ini (konvensional) siklus I dan siklus II yaitu 68 69 pada metode konvensional 71 36 pada siklus I dan 74 46 pada siklus II. Di samping itu indicator lain adalah siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dan dalam menjawab pertanyaan serta dalam mengajukan pertanyaan. Dengan demikian hasil yang diperoleh sesuai dengan hipotesis tindakan yang diajukan yaitu benar bahwa metode pembelajaran kontekstual strategi inquiri dan questioning dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi siswa jurusan administrasi perkantoran SMKN I Pamekasan-Madura.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |